Polisi Ungkap Pelaku Penusukan Tahu Ada Wiranto di Pandeglang Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Abu Rara diduga sudah merencanakan penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten.

Karopnmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, acara tersebut memang sudah diketahui masyarakat luas.

Baca Juga:

Polisi Dalami Keterlibatan Kelompok JAD pada Kasus Penusukan Wiranto

"Acara tersebut sudah diketahui secara luas oleh masyarakat, tentang Beliau (Wiranto) akan mendatangi acara di kampus Unma di Jalan Raya Pandeglang, Labuan kilometer 23," ujar Dedi di kantor Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (10/10).

Dedi menerangkan acara yang dihadiri Wiranto terjadwal pukul 09.30 WIB-11.30 WIB. Wiranto datang untuk memberikan kuliah umum.

Menko Polhukam Wiranto saat berada di Menes Pandeglang Banten
Menko Wiranto saat berada di Menes, Pandeglang sesaat sebelum ditusuk (Foto: Ist)

"Masih di dalami berapa lama yang bersangkutan tinggal di situ," ujar Dedi.

Dedi mengklaim pihaknya tidak kecolongan terkait insiden penusukkan Wiranto. Hal tersebut tidak bisa diartikan sebagai kecolongan.

"Tidak ada istilah kecolongan," ucap Dedi.

Menurut dia, pengamanan bagi pejabat publik sudah sesuai prosedur. Dimana pejabat publik yang akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar merupakan hal wajar.

"Interaksi pejabat publik dengan masyarakat itu seperti itu, bersalaman, disapa, itu hal yang biasa. Barikade untuk pengamanan kan tetap melekat, ada pamkatnya dekat sama beliau panwal juga ada semua. Jadi prosedur pengawalan dan pengamanan pejabat publik sudah ada pengamanan melekat yang istilahnya protektor pejabat tersebut," kata Dedi.

Baca Juga:

Ketua MPR Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Atas Kasus Penusukan Wiranto

Untuk diketahui, Wiranto ditusuk di alun-alun Menes saat dalam perjalanan pulang dari acara peresmian. Pelaku sudah menunggu di sekitar gerbang alun-alun.

Penusukan terhadap Wiranto terjadi sekitar pukul 11.50 WIB. Wiranto saat itu hendak menyalami masyarakat, usai turun dari mobil.

Namun tiba-tiba, dari arah belakang, seorang pria berinisial SA menusuk Wiranto sehingga menyebabkan mantan Panglima ABRI tersebut tersungkur.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyebut SA alias Abu Rara pelaku penusukan Menko Polhukam Wiranto merupakan anggota kelompok JAD Bekasi. Abu Rara juga terkait dengan para terduga teroris yang ditangkap Densus 88/Antiteror di Bekasi beberapa waktu lalu.(Knu)

Baca Juga:

Ali Mochtar Ngabalin Sebut Wiranto Sudah Sadar



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH