Polisi Tutup Jalan Sekitar KPU Saat Pendaftaran Capres - Cawapres

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 19 Oktober 2023
Polisi Tutup Jalan Sekitar KPU Saat Pendaftaran Capres - Cawapres
KPU. (Foto: Antara)

Merahputih.com - Pendaftaran capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai, Kamis (19/10).

Tak hanya para bakal calon dan partai pengusungnya saja yang datang ke kantor KPU, namun juga para simpatisan pendukung atau relawan.

Polisi melakukan antisipasi untuk menutup jalan di sekitar kantor KPU yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Pengalihan arus lalu lintas mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan selesai," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan.

Latif mengatakan, pihak kepolisian pun melakukan pengalihan arus lalu lintas imbas penutupan yang ada.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas tersebut:

1. Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

Sementara itu, ribuan personel bersiaga mengamankan rangkaian pendaftaran di kantor KPU.

"Ada dua ribu personel yang disiapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Para personel tersebut akan disiagakan di sepanjang rute yang akan dilewati oleh para kandidat dan pendukungnya untuk memastikan arus lalu lintas berjalan lancar.

"Dijaga juga rute yang akan dilewati para pasangan calon," ujarnya.

Sekedar informasi, di hari pertama, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang diusung NasDem, PKB, dan PKS, akan mendaftar lebih dulu pada pukul 08.00 WIB.

Setelah itu, disusul pendaftaran dari calon yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, pada pukul 11.00 WIB. (Knu)

#Capres 2024 #Pemilu 2024 #Pilpres 2024 #KPU
Bagikan
Bagikan