Polisi Tuding KNPB Sebagai Dalang Kerusuhan di Wamena Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (tengah) memberikan keterangan kepada awak media di Jakarta (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Polisi menuding Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai dalang kerusuhan di Wamena, Papua. Menurut Karopenmas Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat ini pihaknya sudah menetapkan tujuh orang sebagai tersangka dalam kerusuhan tersebut.

Ketujuh tersangka itu, lanjut Dedi sudah ditahan di Polres Wamena dan para pelaku masih dalam pemeriksaan intensif polisi.

Baca Juga:

Polri: Benny Wenda Desain Kerusuhan Demo Wamena

"Dugaan sementara yang terlibat langsunv kerusuhan di wamena dr kelompok KNPB (Komite Nasional Papua Barat)ada beberapa tokoh diamankan Polres Jayapura, "kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/10).

Dampak kerusuhan terlihat di Bandara Wamena, Papua
Bandara Wamena. (Dok.istimewa/Ant)

Para pelaku menurut Dedi, melanggara pasal 170, 351, 338 KUHP.

"Semuanya masih didalami," jelas Dedi.

Dedi melanjutkan, kelompok United Liberation For West Papua juga melakukan provokasi dan mengangkat isu Papua pada kegiatan 9-11 di komisi Jenewa itu gagal.

"Kemudian dia memprovokasi lagi terjadi kerusuhan mengakibatkan bbrp orang meninggal dunia untuk diangkat kembali tgl 23-27 September di sidang PBB di New York juga gagal," kata Dedi.

Menurut Dedi, yang berbahaya adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

"Mereka melakukan tindakan penyerangan kemudian pembunuhan dan tindakan kriminal kepada masyarakat. Ini yang diantisipasi oleh aparat disana agar kelompok tersebut tak melakukan tindakan kejahatan kepada masyarakat maupun kepada aparat," jelas Dedi.

Baca Juga:

Bertambah, Kerusuhan Wamena Telan Korban Hingga 30 Orang

Dedi menjelaskan, 3 ribu warga sudah eksodus dari Wamena ke Jayapura, Papua.

"Sudah ditampung baik di Polres, Kodim, masjid, gereja maupun mengalami trauma luka sudah ditangani di rumah sakit," terang mantan Wakapolda Kalteng ini.(Knu)

Baca Juga:

Rincian Korban Kerusuhan Wamena Menurut Menkes



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH