Polisi Temukan Spot KKB Pimpinan Joni Botak Saat Tembaki Bus Freeport

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 14 Januari 2020
Polisi Temukan Spot KKB Pimpinan Joni Botak Saat Tembaki Bus Freeport
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata (ANTARA/Evarianus Supar)

Merahputih.com - Tim Satgas Khusus Polri menemukan tempat yang digunakan KKB Kali Kopi pimpinan Joni Botak menembaki bus karyawan PT Freeport Indonesia. Lokasi berada di Mile 53 area PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika.

Ditemukan pula enam selongsong peluru kaliber 5,56 mili meter dan 13 butir peluru tidak terpakai di lokasi penembakan saat Tim Satgas Khusus Polri menggelar olah TKP.

Baca Juga:

Rentetan Teror Gembong KKB Iris Murib Sebelum Dilumpuhkan Polisi

Pada kedua bus karyawan Freeport tersebut, ditemukan enam bekas tembakan senjata api.

"Indikasinya ada dua titik yang diperkirakan menjadi sasaran penembakan oleh KKB yaitu di dua mobil (bus) karyawan saat melintas di Mile 53," ujar Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika, Selasa (14/1).

"Pelaku menunggu di jalur lintasan bus kemudian menembak dari posisi ketinggian," sambung Era Adhinata.

Enam selongsong peluru dan 13 peluru yang tidak terpakai ditemukan di lokasi diduga pelaku berada saat membidik sasaran (bus karyawan) Freeport.

Ilustrasi: Aparat usai baku tembak dengan satu anggota KKB di Pasar Jibama, Jayawijaya. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Ada pun 13 butir peluru yang tidak terpakai terdiri atas sembilan butir berkaliber 5,56 mili meter dan dua butir berkaliber 7,62 mili meter.

Polisi juga terus melakukan koordinasi dengan manajemen PT Freeport agar mewajibkan seluruh kendaraan yang melintas di ruas jalan poros tambang yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura menggunakan fasilitas antipeluru (armor).

Baca Juga:

2 Prajurit TNI Tewas, PKS Kritik Jokowi Enggan Basmi Gerakan Makar KKB Papua

Sebelumnya, pada Senin (13/1) pagi sekitar pukul 08.42 WIT, konvoi kendaraan PT Freeport diberondong tembakan oleh KKB di sekitar Mile 53, ruas jalan poros yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.

Berondongan tembakan itu mengenai dua unit kendaraan bus pengangkut karyawan, masing-masing bus bernomor lambung 140487 dan 140419. (*)

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) #Peluru Aktif #PT. Freeport
Bagikan
Bagikan