Polisi Tembak Pengedar Obat Saat Melarikan Diri Ilustrasi (Foto: Pixabay)

MerahPutih.com - Seorang pria bernama Septian Pranata (21) yang diduga menjadi pengedar obat zenith ditembak oleh anggota kepolisian saat berusaha melarikan diri dari petugas.

"Saat mencoba melarikan diri dan terlibat kejar-kejaran dengan petugas, satu dari dua pelaku berhasil kita lumpuhkan di Jalan Palangka Raya-Tumbang Talaken Km 79," kata Kapolsek Rakumpit Iptu Damlias seperti yang dilansir dari Antara di Palangka Raya, Selasa (12/9).

Pelaku mengalami luka tembak dibagian pundak sebelah kanan, rekan pelaku berhasil kabur ke dalam hutan.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan kendaraan roda dua yang digunakan pelaku. Selain itu, petugas juga mengamankan 430 butir zenith di dalam jok sepeda motor bebek bernomor polisi KH 4262 FE.

Usai tertembak, salah satu pelaku terkapar di semak-semak. Pihak kepolisian langsung melarikan pelaku ke puskesmas di Tangkiling, Palangka Raya untuk diberikan pertolongan awal, hingga akhirnya pelaku dirujuk ke Rumah Sakit Umum Dr Doris Sylvanus.

"Kejadian penembakan pelaku pengedar obat zenith ini terjadi pada Minggu (10/9) sekitar pukul 22.30 WIB. Kini pelaku dikenakan Pasal 197 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan ancaman hukuman 15 tahun penjara," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Bukit Batu Iptu Robert Sony menambahkan, sebelum pelaku dilumpuhkan petugas dengan timah panas kala itu, pelaku juga pernah melakukan penganiayaan terhadap salah seorang pemilik warung yang berada di Jalan Tumbang Talaken Km 45.

Robert mengatakan, malam itu pelaku menuduh pemilik warung yang dianiayanya itu mencuri telepon genggam pelaku. Padahal pemilik warung sama sekali tidak mengetahuinya.

"Atas perbuatannya itu pelaku juga kita kenakan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan, ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara," katanya.

Saat ini, pihak kepolisian tengah memburu satu rekan pengedar jenis obat G yang berhasil melarikan diri saat kejadian. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH