Polisi Cokok Pelaku Prank Pemberi Sembako Sampah ke Waria di Bandung

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 04 Mei 2020
Polisi Cokok Pelaku Prank Pemberi Sembako Sampah ke Waria di Bandung
Petuagas kepolisian mendatangi salah satu rumah youtuber yang beri sampah ke waria (ist)

Merahputih.com - Polisi menangkap satu dari tiga pelaku video prank pemberi bingkisan berisi sampah dan batubata kepada waria di Bandung yang viral di media sosial Youtube, Facebook, dan Instagram.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, satu pelaku yang diamankan berinisial TF. "Terlapor atas nama T diserahkan oleh keluarganya tadi pagi," kata Galih kepada wartawan, Senin (4/5).

Baca Juga:

Di Jakarta Terjadi Pelambatan Jumlah Penderita Corona

Ferdian Paleka merupakan Youtuber dengan konten-konten yang nyeleneh. "Iya (Ferdian seorang Youtuber) kan. Isinya berbau seperti itu. Soal apakah mereka satu tim (Ferdian dan T serta satu pelaku lain), akan kami dalami," ungkap Galih.

Penyidik telah mendatangi rumah Ferdian Paleka di kawasan Bojongkoneng, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Namun Ferdian tak ada di rumahnya.

"Kami sarankan (Ferdian) kooperatif dan menyerahkan diri sebelum kami melakukan upaya paksa," tutur Kasat Reskrim.

Selain itu, Galih memastikan pengejaran itu dilakukan kepada setiap orang yang terlibat dalam video itu selain Ferdian dan rekannya, TF.

Menurutnya, mereka dapat dijerat dengan Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang penghinaan atau pencemaran nama baik.

"Kita dalami lah, apakah itu memang ada timnya atau tidak. Yang pasti dia ada di video itu," katanya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Undangan Doa Bersama dari Gubernur Khofifah untuk Ulama dan Santri

Beberapa korban yang diketahui merupakan waria itu mendatangi Kantor Satreskrim Polrestabes Bandung pada Senin (4/5) dini hari. Mereka tak terima atas perbuatan Ferdian yang menjadikan lelucon 'prank' bantuan berisikan sampah.

Aksi Ferdian itu dilakukan pada Kamis (30/4) lalu. Saat itu, dia bersama dengan rekan-rekan waria lainnya tengah mangkal di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung. Kemudian Ferdian bersama teman-temannya datang sambil menawarkan bantuan kepada para waria itu yang berisi toge busuk. (knu)

#Viral
Bagikan
Bagikan