Polisi Segera Selidiki Klaim Hadi Pranoto soal Obat COVID-19 Video Anji (kanan) dan Hadi Pranoto yang sempat viral di You Tube.(Tangkapan layar dari Youtube Anji)

MerahPutih.com - Akun Youtube Dunia Manji menampilkan perbincangan dengan seorang bernama Hadi Pranoto, yang diklaim sebagai profesor dan ahli mikrobiologi. Dalam pembicaraan itu, Hadi mengklaim kalau dirinya telah menemukan antibodi COVID-19.

Kepolisian mengaku pihaknya masih mengecek dan menunggu laporan masyarakat khususnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang meragukan ucapkan Hadi.

Baca Juga

Klaim Hadi Pranoto soal Obat Corona di Video Anji, IDI: Penipuan dan Berbahaya!

"Dicek dulu tkpnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/8).

Menurut Yusri, pihaknya tak tahu apakah antibodi tersebut asli atau palsu. "Kita harus cek dulu TKP-nya di mana. Ada info di Lampung," kata Yusri.

Hadi Pranoto dan Anji. Foto: Net

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi meminta kepolisian menyelidiki Hadi Pranoto.

Penyanyi Anji mempublikasikan sebuah wawancara di channel YouTube miliknya, dengan orang yang memperkenalkan dirinya sebagai pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto. Hadi mengklaim sudah menemukan herbal virus corona COVID-19.

Anji memberi judul video yang tayang pada 31 Juli 2020 itu: 'BISA KEMBALI NORMAL?OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)'. Dalam video berdurasi 35 menit 51 detik itu, Hadi Pranoto mengklaim dirinya sudah menemukan obat herbal yang dinamai Antibodi COVID-19.

Baca Juga

Anji Layangkan Permintaan Maaf untuk PFI dan Joshua Irwandi

Begini narasi pembuka yang ada di video tersebut:

"Sekarang saya bersama orang-orang yang mungkin paling dicari di seluruh dunia saat ini, Professor Hadi Pranoto. Professor adalah yang menciptakan serum antibodi COVID-19 itu obat untuk COVID-19?" kata Anji.

"Ya, obat untuk covid-19. Bisa menyembuhkan dan bisa mencegahkan. Kalau vaksin itu disuntikkan, tapi kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto membalas salam pembuka Anji. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH