Polisi Sebut Pelaku 'Serangan Fajar' Dekat dengan M Taufik Ilustrasi politik uang (Foto: Net)

MerahPutih.com - Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto menyebut pihak Bawaslu menyita sekitar 80 amplop saat menciduk pria bernama Carles Lubis di depan kediaman Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik di Warakas, Jakarta Utara, terkait dugaan politik uang.

"Sebenarnya ini masih Bawaslu, tapi kebetulan kami juga ada disitu. Kami hitung disana, jumlahnya 80 amplop," kata Budhi, Selasa (16/4).

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto. Foto: pmjnews

Menurut Budhi, pihaknya juga ada di lokasi karena bagian dari Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu. Di mana saat amplop dibongkar ada pecahan uang Rp 100 ribu di dalamnya.

"Kita sama-sama menghitung, terus saya hanya melihat dan saya lihat itu adalah lembar merah," ujarnya

Meski begitu, dia menyebut belum semua amplop dibuka. Tapi sejauh ini, dari beberapa amplop yang dibuka tiap amplop isinya Rp500 ribu.

"Masing-masing amplop isinya Rp 500 ribu. Kita tahu orang itu sering sama Pak Taufik. Bukan dari hasil pemeriksaannya, saya sering lihat atau tahu dari orang-orang bahwa orang itu sering bersama Pak Taufik," tambah Budhi.

Namun, Budhi enggan berkomentar soal peran dan komunikasi Carles-M.Taufik sebelum kejadian. Pasalnya, hal tersebut menurutnya adalah kewenangan Bawaslu.

"Karena masih proses penyelidikan, Carles tidak ditahan," ujarnya.

Dia mengatakan Bawaslu hingga kini masih menentukan adakah tindak pidana pelanggaran pemilu di sana atau tidak.

M Taufik
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik

"Orang masih dalam penyelidikan, logikanya tidak mungkin (ditahan)," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Carles diciduk di depan kediaman Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik di wilayah Warakas, Jakarta Utara, Senin kemarin, 15 April 2019 sekira pukul 17.30 wib. Pria itu diciduk oleh Bawaslu Jakarta Utara, lantaran diduga terlibat politik uang. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH