Polisi Sebut Kasus Penempelan QRIS Palsu di Masjid Jaksel Sudah Makan Korban

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 10 April 2023
Polisi Sebut Kasus Penempelan QRIS Palsu di Masjid Jaksel Sudah Makan Korban
Pria menempel QRIS palsu pada kotak amal di Masjid Nurul Iman, Blok M Square. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Sebuah video yang tengah viral di media sosial memperlihatkan seorang pria menempelkan QR Standar Indonesia (QRIS) pada kotak amal di Masjid Blok M Square, Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Idradi menyebut sudah ada korban yang mentransfer uang ke barcode QRIS kotak amal palsu.

Baca Juga

Polisi Selidiki Dugaan Penggantian QR Code di Masjid

"Ada orang yang diduga mentransfer ke QRIS palsu itu," ujar Ade Ary di Jakarta, Senin (10/4).

Ade Ary mengimbau masyarakat berkoordinasi dengan pihak masjid ketika ingin menyumbang atau bersedekah agar tepat sasaran.

Polisi pun mulai menyelidiki kasus penipuan dengan menempelkan QRIS palsu.

"Laporan yang kita terima adalah dugaan penipuan dengan cara menukar kode QRIS yang sudah ditetapkan oleh masjid, kemudian ditukar oleh pelaku," kata Ade.

Pelaku memanfaatkan layanan resmi QRIS yang disediakan pihak masjid lalu menukar dengan yang palsu untuk mengelabui jemaah dengan menggunakan nama tautan 'Restorasi Masjid'.

Baca Juga

Layanan QRIS Kini Bisa Dipakai di Thailand

Ade mengatakan pihaknya segera mengkaji kasus tersebut guna mengetahui seberapa banyak korban yang tertipu QRIS palsu tersebut.

"Dengan adanya laporan QRIS palsu tersebut, kami akan komunikasi dan liat barang bukti yang ada, gelar tempat kejadian perkara, guna mencari siapa yang telah mentransfer QRIS palsu tersebut," beber dia.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Habibi Katin mengatakan pihaknya telah melibatkan kepolisian dalam kasus QRIS Palsu.

Habibi mengakui hal ini baru pertama kali terjadi di Masjid Nurul Iman, Blok M Square.

Peristiwa tersebut diduga terjadi sekitar 10.30 WIB pada Kamis, 6 April 2023.

Habibi menyebutkan pemasangan stiker QRIS oleh pelaku dilakukan dengan menimpa beberapa kotak yang memang telah dipasangkan stiker QRIS yang asli. (Knu)

Baca Juga

Transaksi Lintas Negara Makin Mudah dengan QRIS

#Polres Jakarta Selatan
Bagikan
Bagikan