Polisi Sebut Bukittinggi Jalur Perlintasan Narkoba

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 02 Maret 2018
Polisi Sebut Bukittinggi Jalur Perlintasan Narkoba
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

MerahPutih.com - Polisi menyebut daerah Bukittinggi, Sumatera Barat, merupakan daerah perlintasan narkoba.

Kepala Kepolisian Resor Kota Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana menilai daerah itu juga menjadi wilayah peredaran barang terlarang tersebut.

"Kondisi ini jelas memprihatinkan karena akan mengancam terutama generasi muda kita," katanya di Bukittinggi, Kamis (3/1), dilansir Antara.

Ia menyebutkan dari hasil Operasi Antik Singgalang 2018 pada 13 sampai 27 Februari 2018, kepolisian mengamankan 35 kilogram ganja dari seorang tersangka berinisial RK yang tujuannya untuk diedarkan di wilayah Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Dengan kondisi sebagai daerah tujuan wisata, hal itu dinilai cukup potensial untuk dimanfaatkan oleh pelaku penyalahguna narkoba.

Sementara dari hasil Operasi Antik Singgalang pada tahun sebelumnya barang bukti narkoba yang diamankan yaitu empat butir ekstasi dan tiga paket sabu-sabu.

Ganja seberat 35 kilogram berasal dari Panyabungan, Sumatera Utara. Sesuai pengakuan RK, ia mengedarkan jika telah mendapatkan informasi dari rekannya, E.

"Ini sedang kami dalami. Sudah jadi modus dalam jaringan narkoba ada bandar pengendali dan bandar penampung. Otomatis di pengendali tidak ditemukan barang kecuali memang di sana sedang ada transaksi. Kami sedang kembangkan," ujarnya.

Pemberantasan narkoba, katanya tidak terbatas selama dua pekan Operasi Antik Singgalang saja tapi dilakukan secara berkelanjutan.

Pada masyarakat ia mengimbau turut aktif membantu pihak berwajib memberantas peredaran narkoba karena dampak berbahaya yang diakibatkannya.

"Informasi-informasi dari masyarakat sangat berguna karena dengan itu pula membantu kami menelaah hingga mengambil tindakan. Segera laporkan bila menemui kegiatan-kegiatan mencurigakan di lingkungan sekitar," jelasnya.

Dengan keaktifan masyarakat diharapkan mendukung polisi dalam mengungkap dan menangkap lebih banyak pelaku penyalahguna narkoba. (*)

#Narkoba #Sumatera Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan