Polisi Ringkus Para Sindikat Maling Pulau Jawa Sindikat Maling Asal Kalideres. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Sepuluh Pencuri asal Kalideres, Tangerang dibekuk Polisi saat melakukan aksinya di Surabaya. Sindikat pencuri dari mall ke mall ini biasanya beroperasi di daerah Tangerang, khususnya di Matahari Dept Store.

Selain sering melakukan aksinya di Kota Tangerang, para sindikat tersebut juga pernah melakukan aksinya di wilayah Bandung, Bogor, Jogja, dan Solo.

Bahkan mereka berencana melakukan aksinya di luar pulau jika sudah menyisir mall-mall di pulau jawa. Akan tetapi, sebelum melakukan niatnya tersebut, mereka lebih dulu ditangkap di Surabaya.

"Jadi mereka ini sindikat. Dia sewa minibus dari Tangerang ke Surabaya dan melakukan aksinya di Matahari Cyto Surabaya." kata Kapolsek Gayungan Surabaya, Kompol Lukito, Jumat (29/9).

Sepuluh pelaku itu bernama, Enra Saputra (34), Susimah (31), Fahri (34), Efri Purwanto (32), Sri Rahayu (30), Bahrudin (34), Nurjanah (35), Astuti (34), Husril (24) dan M. Deni Gunawan (18).

Kompol Lukito menerangkan, terungkapnya sindikat ini bermula dari empat pelaku yang berpura pura belanja di Matahari Cyto Surabaya.

Mereka memilih dan melihat baju, lalu memasukan barang tersebut ke dalam badan, dan dibantu tersangka lain dengan cara menutupi atau menghalangi agar tidak diketahui oleh penjaga stand pakaian matahari setempat.

Sial, saat para pelaku ini keluar dari Mall Matahari, mereka dihadang security. Mereka tidak menyadari jika aksinya terekam CCTV pos keamanan Mall Cyto.

"Di pos mall, kita interogasi dan ternyata ada teman-teman lainya yang berada di lokasi matahari untuk melakukan aksi yang sama." lanjutnya.

Dapat informasi tersebut, Polisi pun langsung melakukan pencarian dan menemukan semua sedang beraksi. (*)

Berita ini dilaporkan oleh Budi Lentera kontributor merahputih.com di Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita terkait berikut ini: Setelah Jakarta Dan Jogja, Festival Kopi Mandiri Digelar Di Surabaya



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH