Rekayasa Lalu Lintas Sekitar TMP Kalibata Saat Pemakaman Habibie Sejumlah warga memadati TMPNU Kalibata melihat dari jauh persiapan pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, Kamis (12/9) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Merahputih.com - Polisi bakal menutup jalan disekitar kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan sekira pukul 12.00 WIB, Kamis 12 September 2019. Hal ini dilakukan karena adanya prosesi pemakaman Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Penutupan dilakukan agar prosesi bisa berjalan lancar. Pengguna jalan raya diminta maklum. Hal ini juga guna menghormati prosesi pemakamaan supaya berlangsung khusyuk.

"Penutupan dilakukan pukul 12.00 WIB," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, Kamis (12/9).

Baca Juga:

BJ Habibie, Sosok Reformis Sejati Peletak Dasar Demokrasi di Indonesia

Rekayasa lalin yang dilakukan pun lebih luas dari sebelumnya. Wadir Lantas Polda Metro Jaya, AKBP Made Agus menambahkan pihaknya sudah menyiapkan rencana rekayasa lalin. Para pengendara diminta bisa mengikuti rencana pengalihan arus yang telah disiapkan.

"Kita sudah siapkan rencana rekayasa lalin," kata Made menambahkan.

Polisi juga menyiagakan 600 anggotanya guna melakukan pengamanan proses pemakaman BJ Habibie. 600 anggota itu bukan hanya bersiaga di sekitar Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Mereka juga bersiaga di sekitar rumah duka di Patra Kuningan, Jaksel. Dari rumah duka sampai TMP Kalibata," kata dia.

TMP Kalibata (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Proses pemakaman akan dimulai dari rumah duka di Jalan Patra Kuningan pada pukul 12.30 WIB menuju Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Habibie akan dimakamkan dengan nomor slot antara 120 dan 121 berdampingan dengan makam Almarhumah Hasri Ainun Habibie, sang istri yang wafat beberapa tahun silam.

Kebijakan ganjil-genap di beberapa jalan Ibukota pagi ini, Kamis 12 September 2019 tidak diberlakukan. Beberapa titik itu adalah Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, juga Jalan Gatot Subroto. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang hendak takziyah ke rumah duka atau ke pemakaman BJ Habibie.

Baca Juga:

Obituarium: Selamat Jalan Eyang 'Jenius' Habibie

Namun perlu dicatat, penghapusan kebijakan gage di tiga ruas jalan itu diberlakukan hanya untuk jam pagi saja. Kebijakan gage di tiga ruas jalan itu akan kembali normal pada sore hari.

"Untuk sore hari berlaku normal seperti biasa di 25 ruas jalan," ujar Nasir. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH