Polisi Pilih Opsi Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Saat Arus Mudik Lebaran

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 05 April 2023
Polisi Pilih Opsi Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Saat Arus Mudik Lebaran
Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. ANTARA/HO-Jasa Marga

MerahPutih.com- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih mengkaji kebijakan rekayasa lalu lintas saat mudik Lebaran 2023. Termasuk kemungkinan dilakukan skema one way atau sistem satu arah di jalan tol saat periode mudik lebaran 2023.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengungkapkan, sistem satu arah tak diterapkan di semua jalan.

Baca Juga:

Komisi V DPR Soroti Potensi Kemacetan di Tol Cikampek saat Arus Mudik Lebaran

"Untuk di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hampir pasti kita tidak akan melakukan one way," ungkap Aan Suhanan di Jakarta, Rabu (5/4).

Menurut Aan, one way tak perlu dilakukan karena Jalan Tol Jakarta-Cikampek bisa direkayasa dengan melaksanakan contra flow tiga lajur.

"Yang ada ini maksimal kita melaksanakan contra flow tiga lajur nantinya, karena sekarang di Cikampek 47 sampai 65 itu sudah 4 lajur sehingga ini cukup dengan contra flow tiga lajur, ini sudah delapan lajur," jelasnya.

Hal ini bisa memberikan kesempatan pengendara dari Bandung melewati Tol Jakarta-Cikampek pada saat arus mudik.

Baca Juga:

Sistem One Way Kembali Diterapkan dari Tol Palimanan sampai Tol Cikampek

"Jadi kita tidak perlu one way sehingga bisa memberi kesempatan ke masyarakat yang dari Bandung pada saat arus mudik ini masih bisa melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Kami berikan satu lajur dan bahu jalan," terangnya.

Aan menjelaskan, rekayasa lalu lintas contra flow akan diberlakukan jika satu lajur kendaraan bermotor mencapai 5.500 per jam (60 persen).

Lalu dua lajur ranmor sudah mencapai 6.400 kendaraan/jam, dan tiga lajur ranmor sudah mencapai 7.300 kendaraan/jam

"Kalau angka tersebut sudah mendekati 60 persen dari kapasitas yang ada per jamnya kami akan melakukan contra flow," imbuh dia.

Aan menambahkan, jika Cikampek sudah contra flow dua lajur maka di Cipali akan diberlakukan one way. Hal ini dilakukan agar tak ada bottle neck di pintu masuk Cipali. (Knu)

Baca Juga:

Hari ini, One Way di Tol Cikampek Sampai GT Kalikakung Dihentikan

#Tol Jakarta-Cikampek #Mudik Lebaran #Mudik #Contraflow
Bagikan
Bagikan