Polisi Petakan Persoalan Kamtibmas Tahun 2021 Dampak COVID-19 Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (ANTARA/ HO-Polri)

Merahputih.com - Polri telah memetakan persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat di tahun 2021, salah satunya dampak pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia.

"Dampak COVID-19 pada bidang ekonomi dan sosial yang dapat mempengaruhi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia," kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (24/6).

Baca Juga

Ilmuwan Tiongkok Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Tahap Dua ke Manusia

Persoalan keamanan lainnya adalah adanya potensi penyebaran paham-paham radikalisme, intoleransi, dan unjuk rasa yang mengganggu stabilitas dan keamanan nasional.

Implementasi demokrasi yang berdampak pada keamanan, globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang berpotensi bisa menjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Lalu pengedaran dan penyelundupan narkoba, korupsi, kejahatan siber, kejahatan konvensional dengan berbagai modus operandi yang perlu penanganan serius," jelas dia.

Komjen Gatot Eddy Pramono diharapkan bisa tingkatkan kinerja Polri
Komjen Gatot Eddy Pramono saat mendapat kenaikan pangkat dari Kapolri (MP/Kanu)

Selain itu, potensi konflik sosial, premanisme dan tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat yang berlatarbelakang ekonomi, politik.

Gatot menjelaskan perkembangan teknologi digital yang cepat dan terkadang dimanfaatkan orang-orang tertentu untuk lakukan kejahatan dan munculnya kejahatan berdimensi baru.

"Tahun 2021, Polri butuh kesiapan penggelaran operasional dan teknis yang diwujudkan dengan kesiapsiagaan dan ketanggapsegeraan personel dalam menjaga Kamtibmas serta penegakan hukum," tuturnya.

Baca Juga:

Klaster Baru COVID-19 Pasar Xinfadi Tiongkok, Begini Prediksi Para Ahli Terkait Asal Mulanya

Dia menjelaskan Polri juga menyiapkan pemantapan pengamanan Pilkada Serentak 2020, PON XX, MotoGP dan Piala Dunia Sepak bola U-20, Global Magellans Network Cities (GMNC) di Tidore, Asia-Pacific Summit and Forum di Bali, Asia Conference and Exhibition. Gatot mengatakan berbagai kegiatan di tahun 2021 tersebut perlu konsep pengamanan yang maksimal dan terkoordinasi. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH