Polisi Periksa Bos Persija dan Pengurus Jakmania Gegara Konvoi Kemenangan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 April 2021
Polisi Periksa Bos Persija dan Pengurus Jakmania Gegara Konvoi Kemenangan
Suporter Persija berkonvoi merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari/foc.

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Presiden Persija Mohammad Prapanca dan Pengurus Umum The Jakmania pada Rabu (28/4).

Pemeriksaan ini soal kerumunan pesta kemenangan di sejumlah titik di ibu kota.

Rencana pemanggilan terhadap keduanya untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga:

Tanggapi Ulah Jakmania, Gibran: Di Solo Tidak Ada Konvoi Suporter

“Kami jadwalkan untuk bisa hadir ke Krimum Polda Metro Jaya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (28/4).

Keduanya belum bisa dipastikan hadir dalam agenda pemeriksaan ini.

Namun, pihak kepolisian akan menunggu kedatangan keduanya.

Jika tidak hadir, maka polisi akan menyiapkan agenda pemanggilan yang kedua.

“Tim penyidik berusaha tahu apakah ini terorganisir untuk kumpul (atau tidak),” jelas Yusri.

Suporter merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari/foc.
Suporter merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari/foc.

Seperti diketahui, usai tim kesayangannya menjuarai Piala Menpora 2021, suporter Persija Jakarta atau yang biasa disebut Jakmania dari sejumlah daerah melakukan konvoi dengan pusatnya berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Dari video yang beredar di media sosial, para Jakmania merayakan euforia kemenangan dengan menyanyikan yel-yel hingga membakar red flare.

Terkait itu, Polda Metro Jaya mengamankan 65 orang Jakmania yang berkerumun di tengah pandemi COVID-19.

Namun, mereka semua dipulangkan setelah dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam hal ini, pihak kepolisian juga sudah mengidentifikasi sejumlah akun media sosial yang dinilai melakukan ajakan berkumpul untuk merayakan kemenangan Persija saat melawan Persib di final Piala Menpora 2021.

Pengurus Pusat The Jakmania menanggapi adanya kerumunan selepas tim kebanggaan mereka menjadi kampiun dalam final Piala Menpora 2021. Mereka menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut.

Baca Juga:

Polisi Kantongi Akun-Akun yang Diduga Ajak Jakmania Turun ke Jalan

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi apabila perayaan juara yang dilakukan oleh teman-teman The Jakmania menimbulkan keresahan," demikian bunyi pernyataan resmi The Jakmania.

Jakmania mengklaim tak ada niat sedikit pun Pengurus Pusat The Jakmania untuk menginstruksikan anggota melakukan konvoi atau perayaan apa pun yang berlebihan. Apalagi sampai melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Selama turnamem pramusim ini, pengurus The Jakmania sudah mengimbau untuk #NontonDiRumah. Berbagai kampanye telah dilakukan, imbauan melalui koordinator wilayah, biro resmi, dan media sosial The Jakmania juga sudah sering dilakukan. (Knu)

Baca Juga:

Konvoi Jakmania Langgar Prokes, Wagub Minta Jadi Bahan Evaluasi Semua Pihak

#Persija #Jakmania
Bagikan
Bagikan