Polisi Masih Berjaga di Bawaslu Antisipasi Aksi Susulan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Foto: MP/Kanugrahan

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo menyebut hari ini belum ada rencana aksi di Bawaslu. Namun, tetap melakukan aksi jika kemungkinan ada massa yang bertindak liar tanpa komando.

Eddy pun mengingatkan masyarakat untuk melakukan aksi demonstrasi dengan tetap menaati aturan. Selain itu, Eddy mengatakan polisi masih mengamankan sejumlah titik rawan. Di antaranya di depan kantor Bawaslu dan gedung DPR/MPR/DPD.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono

"Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin, baik itu di Bawaslu, kemudian di tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan seperti DPR," kata Eddy kepada wartawan, Kamis (23/5)

BACA JUGA: Wiranto: Dalang dan Donatur Kerusuhan 22 Mei Akan Ditindak Tegas

Polisi tetap bersiaga di kantor Bawaslu dan tempat-tempat lain.

"Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin baik itu di Bawaslu, kemudian di tempat-tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan seperti DPR, kemudian Bawaslu, serta tempat-tempat lainnya," kata dia.

Ia melanjutkan, penyampaian pendapat di muka umum dilindungi oleh undang-undang. Akan tetapi, kegiatan penyampaian pendapat di muka umum harus tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Kerusuhan di depan Bawaslu, Rabu (22/5). Foto: MP/Rizki Fitrianto

BACA JUGA: Jakarta Rusuh, Prabowo cs Bisa Dipidana

"Tidak boleh di negara ini orang-orang melakukan tindakan yang anarki, tindakan-tindakan yang tidak sesuai ketentuan berlaku, negara kita adalah negara hukum," katanya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH