Polisi 'Lobi' Dubes AS Agar Bisa Ekstradisi Buronan Kelas Kakap FBI

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 18 Juni 2020
Polisi 'Lobi' Dubes AS Agar Bisa Ekstradisi Buronan Kelas Kakap FBI
Polda Metro Jaya saat gelar perkara penangkapan Russ Albert Medlin. (Foto: MP/Kanugrahan)

Merahputih.com - Polisi terus berkoordinasi dengan Interpol terkait kasus pencabulan anak yang dilakukan Russ Albert Medlin dengan Dubes AS terkait persoalan ekstradisi Russ mengingat tersangka merupakan buronan FBI.

"Kita terus koordinasi dengan Mabes Polri, dalam hal ini FBI karena memang permohonan dari FBI agar dia bisa diekstradisi kembali ke negaranya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus pada wartawan, Rabu (17/6).

Baca Juga:

Wajah Novel Bakal Melepuh Jika Disiram Air Keras, IPW: Saat Ini Masih Mulus dan Tampan

Menurutnya, persoalan ekstradisi itu lantaran Russ, juga seorang buronan FBI di kasus penipuan investasi Bitcoin. Polisi juga terus berkoordinasi dengan Dubes AS menyangkut persoalan ekstradisi tersebut.

"Sambil menunggu, proses kasus pencabulan terus kita lengkapi berkasnya dan terus kita jalankan pidananya," tuturnya.

Dia menerangkan, polisi masih mengejar DPO berinisial A yang menyuplai anak di bawah umur ke Russ dan juga masih mendalami para korbannya, apakah hanya ada tiga anak itu saja ataukah ada anak lainnya juga.

Polda Metro Jaya saat gelar perkara penangkapan Russ Albert Medlin. (Foto: MP/Kanugrahan)
Polda Metro Jaya saat gelar perkara penangkapan Russ Albert Medlin. (Foto: MP/Kanugrahan)

Polisi juga bakal melakukan rehabilitasi psikologis pada anak-anak tersebut nantinya.

"Sejak 2019 dia sudah di sini, kita masih dalami kenapa dia memilih di Indonesia dan berkoordinasi pula dengan Imigrasi kenapa dia bisa masuk (Indonesia) karena dia dokumennya lengkap, ada pasport," jelasnya.

Dia menambahkan, Russ sempat mengontrak di Jakarta sehingga polisi bakal mendalami kapan dia melakukan perpanjangan visa turisnya itu dan mengapa sampai dia bisa lolos dari keimigrasian.

Yusri berharap dalam waktu dekat pihaknya dapat menyelesaikan berkas perkara dan DPO bisa segera ditangkap agar anak dibawah umur tetap dalam situasi aman tidak dijual lagi oleh A.

Baca Juga:

Polisi Berhasil Tangkap Buronan FBI di Kebayoran Baru

"Semoga segera bisa kita amankan sehingga bisa diketahui ada berapa korban korban karena pengakuan masyarakat hampir setiap hari bergantian anak kecil keluar dari sana," tutup dia.

Sebelumnya, buronan FBI bernama Russ Medlin ditangkap Polda Metro Jaya di kawasan Kebayaoran Baru, Jakarta Selatan. Ia ditangkap atas kasus pencabulan anak dibawah umur dan juga kasus investasi saham Bitcoin. (Knu)

#FBI #Buronan #Kasus Pencabulan #Pencabulan Bocah
Bagikan
Bagikan