Polisi Kerahkan 350 Personel Amankan Penetapan Gibran-Teguh Pemenang Pilkada Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 18 Januari 2021
Polisi Kerahkan 350 Personel Amankan Penetapan Gibran-Teguh Pemenang Pilkada Solo
Paslon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa bakal ditetapkan sebagai pemenang Pilwakot Solo 2020. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Polresta Surakarta, Jawa Tengah, menerjunkan sebanyak 350 personel gabungan untuk mengamankan acara penetapan paslon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sebagai pemenang Pilwakot Solo 2020.

Selama acara berlangsung peserta hanya dibatasi 25 persen. Hal tersebut Sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/036 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Solo.

Baca Juga

Gibran Tidak Bisa Membuat Kebijakan Saat Jadi Wali Kota Solo, Ini Penyebabnya

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait adanya kegiatan penetapan paslon pemenang Pilwakot Solo pada Kamis (21/1).

"Kami sudah diberitahu KPU terkait adanya agenda penetapan paslon pemenang Pilwakot Solo. Sebanyak 350 personel sudah kita siapkan untuk mengamankan acara tersebut," ujar Ade, Senin (18/1).

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (MP/Ismail)
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (MP/Ismail)

Ade mengatakan pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Selama pengamanan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Kami juga mengingatkan pada KPU agenda tersebut diadakan di tengah berlangsungnya PPKM. Jadi harus benar-benar tidak ada kerumunan," katanya.

Sesuai aturan PPKM di Solo yang berlangsung tanggal 11-25 Januari, lanjut Ade, peserta kegiatan hanya dibatasi 25 persen dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia tidak ingin acara tersebut menimbulkan kerumunan sehingga akan dilakukan pemantauan.

"Kami akan mengecek langsung di lokasi. Sterilisasi akan dilakukan di Hotel Swissbel Solo lokasi acara," ucap dia

Ia menghimbau pada kepada masyarakat untuk tidak menggelar konvoi jalanan saat acara berlangsung sampai selesai. Polresta Surakarta akan menindak tegas dengan membubarkan paksa jika nekat menggelar konvoi.

"Kami terjunkan Tim TPK (Tim Pengurai Kerumunan), baik di tingkat Kecamatan maupun di lokasi acara. Pengamanan dibagi menjadi 3 ring," tutup dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Vaksinasi Sinovac di Solo Dimulai Besok, Gibran Siap Jika Diminta Suntik Duluan

#Pilkada Serentak #Pilkada Solo #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan