Polisi: Kelompok Egianus Kogoya Sering Peras Warga dan Perusahaan Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat saat sedang berkumpul di kawasan yang dikuasainya. (Facebook TNPPB)

MerahPutih.com - Polisi mengungkapkan bahwa kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sering memeras warga di Kabupaten Nduga, Papua. Selain itu, mereka juga melakukan hal yang sama kepada perusahaan yang berada di wilayah tersebut.

"Mereka (KKB Egianus Kogoya, Red) ini sering lakukan pemerasan terhadap warga atau perusahaan atau orang-orang yang memiliki finansial," Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal di Jayapura, Jumat (7/12)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal (Foto: Antara Papua/Jeremias Rahadat)

Menurut Kamal, sebagaimana dilansir Antara, Egianus tidak memiliki pekerjaan tetap sehingga nekat memeras warga dan perusahaan. Hasil dari pemerasan digunakan untuk keperluan kelompoknya.

"Dia (Egianus Kogoya, Red) itu tidak memiliki profesi yang jelas, yang siginifikan bisa hidupkan warganya," sambungnya.

Dalam menghadapi kelompok ini, Kamal mengatakan tentunya aparat keamanan akan bersikap profesional dengan mengedepankan norma dan aturan, tidak akan bertindak di luar itu.

Polri tentunya akan mengedepankan aturan dan undang-undang yang berlaku. Pastinya penegakan hukum bagi kelompok ini," katanya lagi.

Ilustrasi KKB Papua. Foto: net

Tercatat 25 karyawan PT Istaka Karya mengerjakan pembangunan jalan dan jembatan Trans-Papua di Distrik Yall yang tersebar di Kali Yigi dan Kali Aurak.

Pada Minggu (2/12), KKB menyerang karyawan PT Istaka dan membunuh mereka, baik yang ada di Kali Yigi maupun Kali Aurak, Distrik Yall, Kabupaten Nduga.

Sebanyak 19 orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut, sisanya selamat setelah berhasil melarikan diri. Delapan jenazah sudah berhasil dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika. (*)

Baca juga: Tangani KKB di Papua, PPAD: Operasi Militer!



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH