Polisi Kantongi Identitas Penyebar Video Robertus Robet Robertus Robet (@Republik_Baru)

Merahputih.com - Setelah menetapkan Robertus Robert sebagai tersangka kasus ujaran kebencian, kini polisi memburu pelaku yang mengedit dan menyebarkan video 'Bubarkan ABRI' itu hingga viral di media massa.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku penyebaran dan pengedit video sudah diidentifikasi lewat akun media sosialnya.

"Secara teknis sudah dilakukan direktorat siber akun yang menyebarkan. Baik melalui Facebook, Youtube, Twitter sudah diprofiling. Kalau sudah jelas baru nanti disampaikan jika ada pelanggaran pidana," jelas Dedi.

"Artinya langkah penegakan hukum itu semua betul melalui gelar perkara," tambah Dedi.

Aktivis Robertus Robet (baju hitam). (Foto: Youtube)

Nantinya, penyidik akan mengenakan UU ITE terhadap pelaku.

"Nantinya kan melalui gelar perkara. Ahli ITE akan diundang diminta keterangan, demikian ahli hukum pidana. Apabila masuk konstruksi hukum maka penyidik akan menindak seperti halnya penyebar berita hoax lainnya saat tersangka Robertus Robert," kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (7/3).

Semetara, penyidik sendiri belum berencana memanggil dalam perkara ini.

"Kami menunggu info lebih lanjut dari Ditsiber masih lakukan verifikasi alat bukti yang dimiliki dan membuat rencana tindak lanjut saksi untuk penyempurnaan berkas perkara," tutup Dedi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH