Polisi Kantongi Akun-Akun yang Diduga Ajak Jakmania Turun ke Jalan

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 27 April 2021
Polisi Kantongi Akun-Akun yang Diduga Ajak Jakmania Turun ke Jalan
Suporter merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Tri Hawaari/foc.

Merahputih.com - Polda Metro Jaya menemukan adanya akun media sosial (medsos) yang terindikasi menyebarkan undangan atau ajakan kepada pendukung Persija Jakarta untuk turun ke jalan merayakan euforia juara Piala Menpora 2021.

“Ada beberapa akun (yang kami temukan), belum bisa kami sampaikan saat ini, iya (lebih dari satu),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (27/4).

Baca Juga:

Polda Metro Jaya Segera Panggil Manajemen Jakmania

Yusri menuturkan penyidik siber Polda Metro Jaya akan terus menyelidiki akun-akun media sosial yang diduga membuat ajakan tersebut.

“Kami penyidik masih lakukan pengejaran kepada akun-akun yang memang mengajak, yang memprovokasi untuk berkumpul itu akan kita tindak,” tuturnya.

Sementara, Polisi juga mengagendakan pemeriksaan Ketua Umum The Jakmania berinisial DS sebagai saksi buntut kasus kerumunan yang terpusat di Bundaran Hotel Indonesia (HI) itu.

Pemanggilan DS bersifat klarifikasi. Pemanggilan dilakukan untuk mendalami asal muasal terjadinya kerumunan. “Ketua Jakmania akan kami panggil untuk kita klarifikasi untuk mempertanggungjawabkan hal ini,” kata Yusri.

Jakmania berkonvoi di jalanan untuk merayakan keberhasilan Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Foto: MP/Istimewa
Jakmania berkonvoi di jalanan untuk merayakan keberhasilan Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Foto: MP/Istimewa

Sebelumya, sebanyak 65 pendukung Persija yang berkerumun merayakan kemenangan Persija di Bundaran HI sempat diamankan jajaran Polda Metro Jaya.

Mereka diamankan untuk kemudian diambil keterangannya. 65 pendukung persija itu terdiri dari 52 dewasa, 12 anak-anak, dan satu wanita.

“Sudah kita pulangkan secara bertahap mulai sejak pagi tadi setelah diambil keterangan kita pulangkan,” kata dia.

Baca Juga:

Menpora Dorong Polisi Tindak Jakmania dan Bobotoh Pelanggar Prokes

Menurut Yusri seluruh Jakmania tersebut sempat menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif COVID-19.

“Kami ambil keterengan cuma mau cek apakah ada yang ajak, ada yang menggerakkan, memprovokasi bisa berkumpul,” bebernya. (Knu)

#Jakmania #The Jakmania #Persija
Bagikan
Bagikan