Polisi Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada di HUT Pol Airud

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 05 Desember 2017
Polisi Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada di HUT Pol Airud
Simulasi pengamanan Pilkada 2018. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Kepolisian Jawa Barat menggelar simulasi pengamanan Pilkada 2018 mendatang di dalam area pembangkit listrik Cirebon Power.

Adapun simulasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT Pol Airud Polda Jabar ke-67.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan, dalam simulasi yang diperankan personel TNI, Polri, dan masyarakat ini dikisahkan terjadi tindak kekerasan dalam pelaksanaan pemungutan suara yang berujung aksi kekerasan sekelompok orang.

Dalam simulasi tersebut, kelompok massa juga menganggu proses transportasi kotak suara, hingga akhirnya 2 unit kotak suara dibuang ke laut.

Namun, kesigapan personel Dit Pol Airud berhasil mengamankan situasi, menyelamatkan korban dan juga mengevakuasi kotak suara yang sempat tenggelam.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengakui adanya berbagai peluang ancaman dalam pelaksanaan Pilkada 2018 termasuk di sektor perairan.

"Kepolisian mengantisipasi berbagai ancaman ini. Jadi, kita harus terus berlatih kemampuan anggota dalam menolong masyarakat dan mengawal dan mengamankan kotak suara, kata Agung kepada wartawan di Cirebon, Selasa (5/12).

Simulasi pengamanan tersebut ditutup dengan aksi sailing pass armada Pol Airud yang berjumlah 6 unit kapal dan speed boat, beserta personel bersenjata lengkap yang berpatroli di sekitar perairan jetty pembangkit listrik, bersama juga 1 unit kapal nelayan, sebagai simbol kemitraan polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan perairan dan pesisir. (Mauritz)

#Pol Airud Polda Jabar #Pilkada 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan