Polisi Dalami Dugaan Gratifikasi dan TPPU AKBP Achiruddin Hasibuan

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 29 April 2023
Polisi Dalami Dugaan Gratifikasi dan TPPU AKBP Achiruddin Hasibuan
AKBP Achiruddin Hasibuan. Foto: Instagram/@achiruddinhasibuan

MerahPutih.com - Polda Sumatera Utara melakukan pendalaman terkait dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terhadap AKBP Achiruddin Hasibuan.

"Saat ini penyidik sedang mendalami hal tersebut karena ditemukan adanya dugaan gratifikasi yang diterima oleh AKBP Achiruddin Hasibuan, keterkaitan peran bersangkutan," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, di Medan, Jumat (28/4).

Baca Juga

Junimart Minta Kapolda Sumut Dievaluasi Terkait Kasus AKBP Achiruddin Hasibuan

Hadi mengatakan berkaitan dengan peran terhadap gudang penyimpanan bahan bakar solar (BBM) berjenis solar tersebut, saat ini penyidik terus bekerja untuk memproses hal yang bersangkutan.

"Ya, itu nanti juga berkembang terhadap pada pasal tindak pidana pencucian uang. Status Achiruddin Hasibuan sampai saat ini masih sebagai saksi," ujarnya.

Hadi menambahkan, terkait pada barang bukti yang diamankan di gudang solar, Jalan Guru Sinumba, Medan Helvetia tersebut belum dapat dirinci secara detail.

"Untuk itu, nanti saya cek lebih rinci. Sementara ada 10 saksi lebih sudah dimintai keterangan keterkaitan ini (gudang solar)," ujarnya.

Baca Juga

PPATK Ungkap Asal Usul Dugaan Pencucian Uang Rp 300 Triliun

Hadi melanjutkan, terkait dengan perkara penganiayaan yang dilakukan tersangka Achiruddin Hasibuan yang terkesan membiarkan, kini masih berjalan di Propam Polda Sumut.

"Penyidik Propam secara bersamaan dengan Krimum melakukan proses dalam peristiwa ini, agar segera dituntaskan, baik dari kode etik maupun tindak pidana umum," ucapnya.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengonfirmasi pemblokiran rekening milik AKBP Achiruddin Hasibuan. Adapun dua rekening yang diblokir oleh PPATK tersebut adalah atas nama AKBP Achiruddin Hasibuan dan dan anaknya. (*)

Baca Juga

PPATK Sebut AKBP Achiruddin Hasibuan Terindikasi Lakukan Pencucian Uang

#Sumatera Utara #Polda
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan