Polisi Ciduk 1.192 Pedemo, Wagub: 50 Persen Lebih Bukan Warga DKI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 09 Oktober 2020
Polisi Ciduk 1.192 Pedemo, Wagub: 50 Persen Lebih Bukan Warga DKI
Demo menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (9/10), (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Kepolisian Polda Metro Jaya menangkap sebanyak 1.192 massa aksi yang memprotes Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja berujung ricuh, di kawasan Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, lebih dari 50 persen massa yang ditangkap aparat kepolisian itu ternyata bukan warga ber-KTP Jakarta dan paling banyak juga dari kalangan pelajar.

"Jadi dari 1.192, tercatat ada lebih 50 persen pelajar dan lebih dari 50 persen ternyata bukan warga Jakarta," ujar Riza di Jakarta, Jumat (9/10).

Baca Juga:

Demo Tolak UU Cipta Kerja Ricuh, Muhadjir: Tak Puas Silahkan Ajukan Judicial Review

Kemudian dari 1.192 orang itu, ucap Riza, ada 285 massa diantaranya masih diperiksa di Polda Metro karena diduga melakukan kekerasan.

"256 yang akan didalami karena ada bukti melakukan perusakan," tutur Riza.

Polisi berjaga saat demo menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (9/10), (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Polisi berjaga saat demo menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (9/10), (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Sedangkan, sisa dari 256 tersebut akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing secara bertahap. Pemulangan itu sudah berlangsung sejak pagi tadi dengan pendataan polisi.

"Dan mulai tadi pagi secara bertahap dikembalikan ke rumah masing-masing dengan pihak keluadga atau pihak sekolah yang mengambil," tutunya.

Baca Juga:

Usai Demo UU Cipta Kerja, PKL Malioboro Meliburkan Diri

Disamping itu juga, Riza mengaku, ada sebanyak 14 orang yang ditangkap polisi positif terjangkit virus corona, setelah menjalani tes pemeriksaan COVID-19. Pemprov DKI melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) langsung bertindak cepat menindaklanjuti 14 massa aksi yang positif itu.

"Ada kurang lebih 14 orang yang positif covid, tadi malam dicek dan sudah duteruskan untuk ditangani oleh pihak kesehatan," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Jenguk Demonstran, Anggota DPR Adian Napitupulu Sambangi Polda Metro Jaya

#Demo UU Cipta Kerja #UU Cipta Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan