Polisi Buru Otak Kerusuhan 22 Mei, Kuncinya Logo Parpol di Amplop Bayaran Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

MerahPutih.com - Polisi sudah mengantongi aktor intelektual kerusuhan di sekitar Jalan Thamrin, Tanah Abang dan Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Nama aktor intelektual itu diungkapkan 257 orang provokator kerusuhan 22 Mei saat pemeriksaan

“Mereka ketika ditanyakan mengatakan disuruh orang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, kepada wartawan, Kamis (23/5).

BACA JUGA: Modal Operasional Provokator Rusuh 22 Mei Cuma Rp5 Juta

Argo menjelaskan dari salah satu barang bukti yang diamankan adalah amplop berisi uang dengan masing-masing tertera nama-nama pelaku yang dilengkapi salah satu logo partai tertentu. Menurut dia, nama dan logo parpol itu bisa menjadi petunjuk untuk mengarah terhadap terduga aktor intelektualnya.

“Mereka juga melakukan koordinasi melalui WA Grup sehingga aksi-aksi dikendalikan dengan rapi,” tegas juru bicara Polda Metro Jaya itu.

demo
Massa melakukan perlawanan ke arah Brimob di Kawasan Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

Sebelumnya, polisi mengamankan 257 pelaku provokator aksi 22 Mei 2019. Para tersangka ini ditangkap di sejumlah titik lokasi aksi yang berbeda di antaranya di depan Bawaslu, Asrama Brimob, dan Petamburan.

BACA JUGA: Wiranto: Dalang dan Donatur Kerusuhan 22 Mei Akan Ditindak Tegas

Tak hanya itu, kepolisian juga menahan mobil ambulans yang didalamnya berisi batu dan sejumlah senjata untuk digunakan massa bentrok. Bodi mobil ambulan itu juga terdapat simbol dan logo partai politik tertentu. (Knu)

BACA JUGA: Jakarta Rusuh Sejak Semalam, Anies: 6 Meninggal


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH