Polisi Belum Bisa Pastikan Keberadaan Nakes Gerald Sokoy

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 25 September 2021
Polisi Belum Bisa Pastikan Keberadaan Nakes Gerald Sokoy
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Merahputih.com - Polisi belum bisa memastikan nasib tenaga kesehatan (nakes) bernama Gerald Sokoy pasca dikabarkan berada di tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sekitar Distrik Kiwirok, Kabupaten Bintang Pegunungan, Papua.

"Kami belum bisa memastikan apakah benar yang bersangkutan ada bersama KKB atau tidak dan bagaimana kondisinya," kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri kepada wartawan, Sabtu (25/9).

Baca Juga:

Kebrutalan KKB Terus Terjadi, Kali Ini Tukang Ojek Tewas Ditembak di Puncak Papua

Ia mengatakan, dari dari informasi yang beredar di media sosial juga terungkap bahwa gerombolan bersenjata pimpinan Lamek Taplo akan menyerahkan Sokoy ke keluarga melalui gereja. Namun kapan hal tersebut terealisasi hingga kini belum ada kepastian.

Karena dari hasil pencarian sejak terjadi kontak tembak dan pembakaran sejumlah fasilitas tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan Sokoy.

"Pencarian di sekitar (Distrik) Kiwirok sudah dilakukan tetapi hingga kini belum diketemukan," kata Fakhiri.

Aparat TNI-Polri melakukan pengejaran KKB yang melakukan aksi penembakan guru di Beoga Kabupaten Puncak, Jumat.(ANTARA News Papua/Satgas Humas Ops Nemangkawi)
Aparat TNI-Polri melakukan pengejaran KKB yang melakukan aksi penembakan guru di Beoga Kabupaten Puncak, Jumat.(ANTARA News Papua/Satgas Humas Ops Nemangkawi)

Komandan Kodem 172/PWY, Brigjen Izak Pangemanan juga belum bisa memastikan keberadaan serta kondisi Sokoy.

"Bila benar dia berada bersama mereka setelah ditemukan saat menyelamatkan diri maka kami akan menunggu pernyataan dari mereka, yang akan menyerahkan ke pihak gereja," kata Pangemanan.

Sekedar informasi, juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom memastikan Sokoy bersama pasukannya dan dalam kondisi sehat.

“Selama kurang lebih 10 hari, mantri Gerald Sokoy bersama pasukan TPNPB-OPM Kodap 15 Ngalum Kupel dalam kondisi sehat dan bukan disandera,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga:

Mabes Polri Ungkap KKB Ingin Ganggu Transportasi Penerbangan Papua

Sebby mengatakan bahwa Gerald tersesat setelah insiden di Kiwirok, Papua lalu ditemukan pasukan TPNPB-OPM. Sebby memastikan, organsiasinya melindungi Gerald Sokoy sebagai warga sipil nonmiliter.

Menurut Sebby, dari informasi yang disampaikan oleh Panglima Komando Pertahanan (Kodap) XV Ngalum Kupel Brigjen Lamek A Taplo, pihaknya akan menyerahkan Gerald Sokoy melalui gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pegunungan Bintang secara terhormat. (Knu)

#Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)
Bagikan
Bagikan