Polisi Bekuk Pencuri Modus Tukar Kartu ATM Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Asfuri. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kepolisian Polres Metro Jakarta Pusat mengamankan dua orang pelaku berinisial SF dan AA, yang berpura-pura sebagai orang Brunai dengan modus menukar kartu ATM.

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Asfuri menjelaskan, para pelaku ini mengincar korbannya saat baru keluar dari Hotel dan terlihat seperti orang kaya raya.

"Pelaku mengajak korban masuk ke mobil minta diantarkan ke masjid istiqlal. Kemudian ditengah perjalanan pelaku minta berhenti di bank BRI dan menunjukan jumlah total uang yang ada di dalam ATM sebanyak 8 miliar," kata Asfuri di Mapolres Jakarta Pusat, Jumat (13/10).

Setelah itu, lanjut Asfuri, korban juga menunjukkan jumlah saldonya barulah pelaku dan korban kembali masuk ke dalam mobil untuk melanjutkan perjalanan ke Masjid Istiqlal.

"Diperjalanan pelaku AA coba melihatnya ATM korban dan tiba-tiba dengan sengaja menjatuhkan. Disaat itu pelaku menukarkan ATM korban dengan ATM palsu yang sudah disiapkan," tegasnya.

Tidak sampai masjid Istiqlal, pelaku dengan berbagai alasan memulangkan korban ke hotel RALS Jakarta Pusat. Beberapa hari kemudian, saat korban ingin gunakan ATM korban menyadari kalau ATM-nya sudah di tukar oleh pelaku.

"Ia pun ke bank dan mengecek, ternyata saldonya sudah berkurang 460 juta, karena saldo awalnya ada sekitar 1,3 miliar," katanya.

"Jadi pas di ATM bersama pelaku ini, pin ATM korban di hafal oleh pelaku. Kita tangkap keduanya di kawasn Jakarta Pusat pada Kamks (12/10)," sambung Asfuri.

Barang bukti yang diamanakan oleh Polisi yakni, 110 buah kartu ATM dari berbagai macam bank, 1 bundle print out rekening koran bank BNI atas nama pelapor.

"Pelaku akan dikenakan dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita terkait pencurian ATM dalam artikel berikut: Spesialis Pencuri DVR ATM Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH