Polisi Beberkan Sudah Hampir 100 Orang Ditangkap Terkait Kerusuhan Kapolres Jakarta Barat Hengki Haryadi (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Sejumlah pelaku kerusuhan yang beraksi di Jakarta pada Rabu (22/5) sudah ditangkap petugas kepolisian.

Berdasarkan keterangan Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi sudah 99 pelaku yang dibekuk. Para pelaku diduga bertindak sebagai provokator kerusuhan. Beberapa diantaranya sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya.

Saat ditangkap tercium aroma alkohol dari para perusuh.

“Untuk itu di dalami yang jelas untuk sementara kita simpulkan ini bukan dari Jakarta dan sebagian besar tercium bau alkohol sehingga mereka cenderung berani dan sebagainya,” kata Hengki di kawasan Petamburan, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (22/5).

Kapolres Jakbar ini memimpin langsung polisi dan ratusan Brimob dari Sumatera Barat serta tokoh Front Pembela Islam (FPI) menghalau di kawasan dekat Fly Over Slipi.

Kerusuhan di Jakarta Rabu dini hari
Petugas kepolisian mengamankan massa di Jakarta (antaranews)

Hingga kini, Hengki mengatakan pihaknya tengah melakukan tes urine. Ia berpendapat, ketika terjadi kehilangan rasa empati ada penyebabnya.

“Dan kemudian kita juga temukan barang barang kejahatan yang sudah dipersiapkan seperti busur, dan bahan bakar,” katanya.

Hengki melanjutkan beberapa perusuh yang diamankan berasal dari luar Jakarta, seperti dari Tasik, Banten, ada juga dari Flores.

“Banyaklah dan saat ini masih kita dalami. Artinya sekali lagi kita dibantu ulama dan tokoh FPI, FPI DKI Jakarta,” ucapnya sembari mengatakan beberapa peralatan disiapkan untuk kerusuhan.

Dari hasil penyidikan sementara, para pelaku diamankan berniat menyerang sejumlah pemukiman warga seperti properti properti warga dan juga polisi. Mereka sengaja ribut hingga terjadi bentrokan.

Sementara mengenai anggota yang terluka, pihaknya masih melakukan inventarisir, sebab beberapa diantaranya ada yang terluka berat.

“Bervariasi masih kita dalami,” jawab Kombes Hengki saat ditanya umur para perusuh.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH