Polisi Beberkan Alasan Roy Kiyoshi Pakai Psikotropika Roy Kiyoshi (Foto: Instagram Roy Kiyoshi)

MerahPutih.com - Polisi membeberkan bahwa Roy Kiyoshi awalnya mengonsumsi obat-obatan jenis psikotropika dengan dengan resep dokter. Setelah berhenti, Roy tetap konsumsi psikotropika dengan membelinya secara online.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung mengatakan berdasarkan pengakuan sementara, Roy mengonsumsi psikotropika itu untuk mengatasi masalah gangguan tidur yang dihadapinya.

Baca Juga

Roy Kiyoshi Ditangkap Diduga Tersangkut Penyalahgunaan Narkoba

“Sebenarnya dia tiga tahun lalu sudah konsumsi. Sejak tahun 2019 dia berhenti konsultasi, lalu dia beli online. (Alasan konsumsi) cuma kelelahan saja, susah tidur saja,” kata Vivick kepada wartawan, Minggu (10/5).

 Roy Kiyoshi jalani pemeriksaan di ruang penyidik Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, Jumat (8/5/2020) (ANTARA/HO-Pokja Jakarta Selatan)
Roy Kiyoshi jalani pemeriksaan di ruang penyidik Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, Jumat (8/5/2020) (ANTARA/HO-Pokja Jakarta Selatan)

Menurut Vivick, polisi selanjutnya akan memeriksa dokter yang diduga memberikan resep penggunaan psikotropika kepada Roy Kiyoshi.

“Kita kan belum tanya dokter yang menangani dia satu tahun yang lalu. Harus tanyakan keterangan dokter bener apa enggak," terang wanita yang lebih dari dua tahun menjadi Kasat Narkoba.

Baca Juga

Begini Jawaban Roy Kiyoshi Saat Diingatkan Tak Pakai Narkoba

Sebelumnya diketahui, Roy Kiyoshi ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan obat-obatan yang masuk dalam golongan psikotropika. Dinyatakan positif dan jadi tersangka, kuasa hukum Roy, Henry Indraguna menyebut kliennya itu bukan pecandu barang haram.

"Saya terangkan kronologinya sebagai berikut. Roy Kiyoshi sakit, bukan sebagai pengguna narkoba, jangan lagi menuduh, menyerang kehormatan Roy Kiyoshi dengan mengatakan dia pengguna narkoba," ujar Henry Indraguna kepada wartawan.

Ia melanjutkan Roy pernah menderita insomnia pada tahun 2017 lalu dan mendapatkan obat tersebut sesuai resep dokter. Pemilik nama asli Dede Kurniawan itu lantas disebutkan sembuh tahun 2019.

Namun sepinya job di tengah pandemi COVID-19 ini membuat Roy penyakit itu kambuh kembali karena stres. Ia akhirnya membeli psikotropika itu secara online.

"Dia (Roy Kiyoshi) takut keluar rumah, takut kena COVID-19, kenapa nggak ke apotik? Sama, jadi dia tinggal di rumah saja, dia terlalu paranoid. Saya beri tahu dengan gampangnya (obat) diazepam itu dibeli, dengan gampangnya, beli diazepam di internet," lanjut pria itu.

Baca Juga

Urine Positif Benzo, Roy Kiyoshi Sejak WFH Minum Obat Tidur

Sementara itu, Roy Kiyoshi ditangkap di kediamannya di Cengkareng Indah, Jakarta Barat pada Rabu (6/5) lalu. Polisi menemukan 21 butir psikotropika sebagai barang bukti dari penggeledahan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH