Polisi Awasi Ketat Protokol Kesehatan di Masjid dan Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana. Foto: MP/Kanu

Merahputih.com- Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana menyebut ada ribuan lokasi pelaksanaan Idul Adha yang dijaga polisi. Petugas memastikan para jamaah mematuhi protokol kesehatan di tengah ancaman COVID-19.

Nana menuturkan, pelaksanaan Idul Adha, 2.034 lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha di antara masjid di Jadetabek. Lalu, tempat penyembelihan hewan korban ada 827 tempat.

Baca Juga

Angka COVID-19 Tinggi, TNI-Polri Bubarkan Kerumunan Warga di Monas

"Kami beri pengamanan. Masalah protokol kesehatan tetap kami beri imbauan ke masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mereka melakukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya," terang Nana di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/7).

Bahkan, lanjut Nana, saat Sholat Id dan penyembelihan hewan kurban bakal diawasi Polisi. Ia memastikan, pemotongan hewan kurban harus dilakukan di lokasi yang bersih dan pembagiannya mesti higienis.

"Kami awasi pelaksanaan protokol kesehatan. Semua kami amankan dan kawal. Nantinya dicarikan lokasi yang bersih. Tak ada masyarakat yang berkerumun. Begitu dipotong langsung kami bagikan," tutur Nana.

Nana menuturkan, jumlah personel gabungan TNI dan Polri ada 3.327 yang diturunkan memantau pos pengamanan dan pantau. Lalu, ada enam pos pantau di tol ke arah Cikampek dan Banten.

Suasana Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (31/7/2020). (ANTARA/Devi Nindy)
Suasana Shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (31/7/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

"Di kota ada 28 terdiri 22 pengamanan dan pantau seperti terminal dan stasiun. Ada juga yang melaksanakan kegiatan keagamaan. Ini untuk pengamanan arus balik dan mudik," jelas mantan Kapolda NTB ini.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolres Surakarta ini juga memastikan pelaksanaan perayaan Idul Adha berjalan aman dan kondusif. Nana mengatakan, situasi Kamtibmas di wilayah Ibu Kota dalam keadaan kondusif dan aman.

"Masyarakat melaksankan malam takbiran di beberapa masjid. Imbauan kami tak melaksanakan takbir keliling juga diikuti," jelas Nana.

Seperti diketahui, umat Islam di Jakarta menjalankan Salat Idul Adha 1441 Hijriah. Panitia menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan jaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan.

Pemerintah mengeluarkan imbauan khusus menjelang Idul Adha di tengah pandemi COVID-19, salah satunya terkait dengan pelaksanaan shalat id.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, untuk melaksanakan shalat Idul Adha di saat pandemi COVID-19, harus ada beberapa persiapan khusus.

Baca Juga

Idul Adha, Pengguna KRL Membludak hingga Tembus 360 Ribu Orang

Selain itu, pengelola masjid juga harus membersihkan dan menyemprot disinfektan di area shalat, serta mengatur dan membatasi akses keluar masuk orang.

Kemudian, pengelola juga harus menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer sebelum jemaah berwudhu, serta memeriksa suhu tubuh jemaah di pintu masuk. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH