Polisi Amankan Pelaku Pencurian Logistik Pilkada di Papua Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkopolhuam Wiranto, KaBIN Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (MP/Gomes)

MerahPutih.com - Polisi berhasil menangkap pelaku yang membawa kabur logistik di salah satu TPS dalam Pilkada Serentak tahun 2018. Pelaku pembawa kabur logistik Pilkada tersebut adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di salah satu TPS di Kabupaten Jayawijaya, Papua.

"Tapi laporan dari Kapolda orang itu sudah ditangkap dan diamankan. dan ini hanya terjadi di satu TPS, dan bisa diatasi aparat," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (27/6).

Menurutnya, insiden ini bukan hanya sekali saja yang terjadi di tanah Papua. Peristiwa serupa pernah terjadi saat Tito menjabat sebagai Kapolda di Bumi Cendrawasi selama dua tahun.

"Saya dua tahun menjabat Kapolda di sana, dulu juga ada insiden yang sama di Ibukota Wamena Jaya Wijaya karena ada primordialisme," tambahnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkopolhuam Wiranto, KaBIN Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian (MP/Gomes)

Namun, secara umum, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah di 171 wilayah berjalan lancar dan terkendali. "Memang di beberapa daerah ada beberapa kendala teknis, seperti kekurangan surat suara, surat suara yang dilarikan oleh petugas KPPS. Tapi itu bisa diatasi dan berlangsung aman," kata Menkopolhukam, Wiranto.

Wiranto juga mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI dan penyelenggara Pemilu yang dapat bersinergi, untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan transparan. Namun, tugas Polri dan TNI belum usai, karena memiliki tugas mengawal surat suara dari TPS ke Provinsi.

"Kita baru menyelesaikan tahapan pencoblosan di TPS, masih ada tahapan lain yang menunggu. Misalnya kita masih harus membawa surat suara dari tpWs ke Provinsi, masih butuh pengawalan," tutupnya. (gms)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH