Polisi Amankan Pelajar Diduga Hendak Ikut Demo di DPR

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 11 April 2022
Polisi Amankan Pelajar Diduga Hendak Ikut Demo di DPR
Polisi menangkap satu pemuda berseragam SMA di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). ANTARA/Walda

MerahPutih.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia berencana melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPR RI dan di Istana Negara yang dipusatkan di Patung Kuda, Jakarta. Rencana demo ini, membuat pelajar juga ikut tergerak.

Paling tidak, Polisi menangkap lima pelajar Sekolah Teknik Menengah (STM) di Jakarta Timur, yang dicurigai hendak mengikuti demo Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di depan gedung DPR.

Baca Juga:

Layanan TransJakarta Tetap Normal Selama Demo Mahasiswa

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, lima pelajar itu ditangkap di titik penjagaan di Jalan Raya Bogor. Pelajar ini berasal dari STM di Depok atau Bogor.

"Rencana mau ke sana (gedung DPR) gabung teman-temannya yang sudah di pusat," kata Edy Surasa di Jakarta, Senin.

Edy menambahkan, tidak ada temuan benda mencurigakan dari kelima pelajar tersebut. Kelima pelajar itu kini dibawa ke Polres Metro Jakarta Timur untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kepolisian melakukan penjagaan di sejumlah titik wilayah Jakarta Timur untuk mengantisipasi adanya pelajar yang hendak mengikuti demo di DPR.

Arus lalu lintas di Simpang Patung Kuda, Jakarta, masih terpantau ramai lancar menyusul rencana aksi unjuk rasa mahasiswa, Senin (11/4/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Caption

"Di Jalan Raya Bogor karena itu perbatasan ya. Lalu di Kayu Putih, kita terapkan penjagaan selektif ya. Terus juga di kampus-kampus, kita tempatkan anggota. Lalu di TL (traffic light) Pasar Rebo juga sudah kita siapkan," ujar Edy.

Edy mengatakan, pihaknya tidak melakukan penyekatan di titik-titik tersebut. Namun, anggota polisi yang ditempatkan itu bakal mengawasi kendaraan yang dicurigai pelajar.

"Kalau di Jaktim, jika sifatnya penyekatan tidak ada. Tapi kita sifatnya penjagaan selektif filterisasi. Ketika kita curigai anak-anak sekolah, kita lakukan pemeriksaan," kata Edy.

Selain itu, Polisi menangkap satu orang pemuda berseragam Sekolah Menengah Atas (SMA) di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada pukul 10.40 WIB di lokasi.

Pemuda tersebut mengenakan celana panjang warna abu-abu dan jaket berwarna merah. Dia langsung digiring oleh petugas polisi ke pintu pejalan kaki di depan gedung DPR RI.

Polisi yang menggiring pemuda tersebut juga membawa tas berwarna hitam yang diduga milik pelajar tersebut.

Dari pantauan, kelompok mahasiswa masih belum terlihat hingga pukul 11.00 WIB, Senin (11/4), di sekitar Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas), terkait rencana mereka menggelar unjuk rasa di sekitar Istana Negara. (Knu/Pon)

Baca Juga:

Ada Demo, Warga Diminta Hindari Kawasan Monas dan DPR

#Demo Mahasiswa #Pelajar
Bagikan
Bagikan