Polemik Tabloid Indonesia Barokah, Jokowi: Kamu Sudah Baca?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 27 Januari 2019
Polemik Tabloid Indonesia Barokah, Jokowi: Kamu Sudah Baca?
Bawaslu Sukaharjo menunjukan tabloid Indonesia Barokah (MP/Ismail)

Merahputih.com - Penyebaran Tabloid Indonesia Barokah membuat resah sebagian masyarakat tanah air, khususnya di sebagian wilayah Pulau Jawa.

Sebab, tabloid yang dinilai menyudutkan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden itu tersebar masif di sebagian pesantren dan masjid kabupaten/provinsi di Jawa.

Menyikapi peredaran dan isi tabloid, kubu Prabowo-Sandi bahkan telah melaporkan hal itu ke dewan pers selaku lembaga pengawas jurnalistik tanah air.

Terpisah, Presiden Joko Widodo sendiri belum mau berkomentar saat ditanya soal tabloid yang terbit edisi perdana sebanyak 16 halaman.

"Belum, belum (baca). Kamu dah baca belum? Saya baru mau cari. Kamu sudah baca? Kalau sudah dapat, sudah baca, saya baru komentar," kata Jokowi kepada wartawan saat menghadiri Harlah Muslimat NU ke-73 di Komplek GBK, Senayan Jakarta, Minggu (27/1).

Tabloid Indonesia Barokah yang isinya menyerang Prabowo-Sandi
Tabloid Indonesia Barokah yang bereadar di Sukoharjo (MP/Ismail)

Sebelumnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengadukan tabloid Indonesia Barokah ke dewan pers karena diduga melanggar kode etik jurnalistik. Konten Indonesia Barokah dinilai telah menyudutkan paslon capres-cawapres nomor 02 Prabowo-Sandi.

Ada dua hal yang diadukan, salah satunya di halaman 6 yang disebut menyerang capres nomor 02 dengan judul 'membohongi publik untuk kemenangan politik?'.

Di samping itu, BPN juga mempertanyakan badan hukum serta susunan redaksi tabloid yang tidak jelas.

"Kami langsung melaporkan saja karena biasanya kalau tabloid resmi ada di Dewan Pers, nama percetakan disebutkan, kalau alamat bisa rumah atau apa, kalau percetakan jelas," kata Anggota Direktorat Advokasi dan Hukum BPN Nurhayati di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (25/1) lalu. (Fdi)

#Jokowi #Kampanye Hitam
Bagikan
Bagikan