Polda Metro Selidiki Dugaan Pidana Pembangunan Pulau Reklamasi Teluk Jakarta Demo reklamasi Teluk Jakarta. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Penyidik Subdit Sumber Daya dan Lingkungan (Sumdaling) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya tengah menelusuri adanya dugaan pelanggaran tindak pidana dalam proyek reklamasi beberapa pulau di Teluk Jakarta.

"Saya perintahkan pada unit kerja Sumdaling untuk membuat hasil laporan mengenai reklamasi secara lengkap. Makanya saya perintahkan untuk lakukan penyelidikan mengenai reklamasi," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Adi Deriyan Jayamarta saat dihubungi, Kamis (12/10).

Penyelidikan dilakukan setelah moratorium tentang pulau reklamasi dicabut oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Penyelidikan dilakukan berdasarkan polemik yang ada di tengah masyarakat. Sehingga polisi membuat laporan penyelidikan sendiri atau laporan tipe A.

Penyelidikan sendiri berdasarkan laporan nomor LP/802/IX/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 September 2017.

"Saat ini ada fenomena di masyarakat yang bahas masalah reklamasi. Muncul viral, opini, penjelasan-penjelasan dari berbagai macam masyarakat berkaitan dengan reklamasi," kata Adi.

Penyidik sendiri telah meminta keterangan dan data-data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait penyelidikan kasus tersebut. "Karena itu adalah kementerian yang juga menaungi terkait dengan masalah reklamasi," kata Adi.

Namun, Adi belum bisa menyimpulkan apakah sudah ditemukan unsur pidana dalam perkara ini. Pasalnya, polisi masih mengkaji soal keterangan dan data-data yang diberikan KKP.

"Kami kan enggak bisa berandai-andai ada pidananya atau tidak. Saat ini teman sedang bekerja," kata Adi.

Selain itu, Adi menambahkan, polisi juga akan melibatkan para ahli untuk menelurusi unsur pelanggaran pidana terkait kasus dugaan pelanggaran proyek reklamasi.

"Kami pun nanti juga tidak menutup kemungkinan untuk berdiskusi dengan ahli," beber Adi. (Ayp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Moratorium Dicabut, Reklamasi Teluk Jakarta Dilanjutkan

Kredit : anggayudha


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH