Headline

Polda Metro Jaya Tambah Personel Pengamanan Laga Persija vs Mitra Kukar

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 09 Desember 2018
Polda Metro Jaya Tambah Personel Pengamanan Laga Persija vs Mitra Kukar
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.Com - Laga pamungkas Liga 1 yang mempertemukan Persija versus Mitra Kukar akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12) sore. Animo dan antusiasme Jakmania (pendukung Persija) untuk menyaksikan pertandingan begitu besar.

Diperkirakan 70 ribu tiket ludes terjual. Guna mengantisipasi ledakan suporter dan keamanan pertandingan, Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta menambah personel pengamanan. Jumlah petugas kepolisian yang semula 3000 ditambah menjadi 7000 personel gabungan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono penambahan personel tersebut ditujukan agar laga penenentuan juara Liga 1 itu berlangsung aman.

"Jumlah pengamanan sekitar 7.000 an personel gabungan," kata Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Minggu (9/12).

Skuat Persija jelang lawan Mitra Kukar
Skuat Persija Jakarta sedang berlatih. Foto: @Persija_Jkt

Awalnya, Polda Metro Jaya bersama pihak terkait lainnya mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan pertandingan penentuan juara bagi tim berjuluk "Macan Kemayoran" itu.

Argo menyebutkan penambahan personel itu karena perkiraan jumlah pendukung Persija atau Jakmania akan membludak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat.

"Pasti penonton membludak jadi kita tambah personel," ujar Argo memberikan alasan.

Aparat keamanan menetapkan empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah personel, kemudian menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan.

Kombes Argo sebagaimana dilansir Antara mengimbau Jakmania dapat menjadi contoh penonton yang memiliki etika tinggi dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Artinya dikatakan Argo, Jakmania bisa dicontoh oleh seluruh pencinta sepakbola di daerah lain, memberikan tauladan saat memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, serta tidak melakukan kegiatan yang dilarang.

"Misalnya membawa sanjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan oleh aturan. Kita semuanya harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Kombes Argo Yuwono memastikan aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter sepakbola saat memasuki kawasan stadion guna menghindari barang berbahaya seperti kembang api.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hadiri Silaknas ICMI, Sandiaga Uno Dilantik Dadakan Menjadi Ketua ICMI DKI

#Polda Metro Jaya #Kombes Argo Yuwono #Persija #Liga 1
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan