Polda Metro Jaya Perketat Keamanan Empat Gereja Besar di Jakarta Saat Paskah

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 01 April 2021
Polda Metro Jaya Perketat Keamanan Empat Gereja Besar di Jakarta Saat Paskah
Ribuan umat Kristiani di Gereja Katedral Jakarta mengikuti misa malam Natal yang diselenggarakan pada Selasa (24/12) pukul 16.30 WIB. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Sebanyak empat gereja besar di Jakarta akan dijaga masing-masing 155 personel keamanan pada Jumat Agung dan perayaan Paskah.

Keempatnya yakni Gereja Katedral dan Gereja Immanuel (Jakarta Pusat), Gereja HKBP Petojo (Grogol Jakarta Barat), Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus (Jakarta Barat).

Baca Juga

Polisi Diminta Usut Tuntas Jaringan Teroris di Indonesia

"Akan kita kerahkan masing-masing 155 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (1/4)

Dalam ibadah Jumat Agung di wilayah Polda Metro Jaya, ada sebanyak 833 gereja yang akan melaksanakan ibadah tatap muka.

Kepolisian mengecek langsung protokol kesehatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Foto: MP/Kanu
Kepolisian mengecek langsung protokol kesehatan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Foto: MP/Kanu

Yusri Yunus menyebutkan total ada sebanyak 5.590 personel yang bertugas untuk mengamankan wilayah sekitar gereja di Jabodetabek.

"Kekuatan kami turunkan sekitar 5.590 personel baik itu polres maupun dari polda nanti dibackup oleh teman-teman dari TNI juga untuk mengamankan," kata Yusri Yunus.

Sebagaimana diketahui, selama sepekan terakhir ada dua aksi teror yang dilakukan teroris di Indonesia.

Dalam peristiwa pertama teroris MLA melakukan bom bunuh diri bersama istrinya di depan pintu gerbang Gereja Katedral Makassar di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3) pukul 10.20 Wita.

Kemudian dalam peristiwa kedua, teroris perempuan berinisial ZA melakukan penyerangan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Rabu (31/3) pada sekitar pukul 16.30 WIB. (Knu)

Baca Juga

Psikologi Forensik Nila Serangan ZA ke Mabes Polri 'Suicide by Cops'

#Gereja Katedral
Bagikan
Bagikan