Polda Metro Buka-bukaan Alasan Ikut Jemput Paksa Advokat Alvin Lim

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 30 Juni 2022
Polda Metro Buka-bukaan Alasan Ikut Jemput Paksa Advokat Alvin Lim
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Senin (27/6/2022). ANTARA/Yogi Rachman/aa.

MerahPutih.com - Advokat Alvin Lim dijemput paksa sebelum dihadirkan sebagai terdakwa terkait kasus dugaan pemalsuan surat di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Alvin Lim dijemput paksa di rumahnya pada Rabu (29/6) kemarin. Proses jemput paksa itu melibatkan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Terdakwa dijemput paksa setelah dua kali mangkir persidangan.

Baca Juga:

Jokowi Terbang ke Moskow untuk Bertemu Putin

PN Jaksel kemudian membuat penetapan dan memerintahkan jaksa penuntut umum (JPU), untuk menghadirkan AL sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Atas dasar penetapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pihak JPU membuat surat permohonan bantuan pencarian atas nama terdakwa AL kepada Kapolda Metro Jaya.

"Surat tersebut ditembuskan ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (30/6).

Baca Juga:

Wakil Ketua Banggar Jatuh saat Sidang Paripurna DPR

Zulpan menuturkan, berbekal surat dari JPU itu, jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian membantu proses pencarian terhadap Alvin Lim. Advokat itu pun akhirnya didudukkan sebagai terdakwa dalam agenda sidang tuntutan di PN Jaksel pada Rabu (29/6) kemarin sore.

"Menindaklanjuti surat permohonan bantuan pencarian terdakwa atas nama AL, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama dengan pihak JPU melakukan upaya paksa untuk menghadapkan terdakwa di persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," terang Zulpan.

Dalam sidang itu, terdakwa Alvin Lim akhirnya dituntut enam tahun penjara dalam kasus dugaan pemalsuan surat oleh jaksa penuntut umum (JPU). (Knu)

Baca Juga:

Lanjutkan Misi Perdamaian, Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Temui Putin

#Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan