Polda Metro Bentuk Program Satu Polisi Setiap RW Saat Bulan Ramadan

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 17 Maret 2023
Polda Metro Bentuk Program Satu Polisi Setiap RW Saat Bulan Ramadan
Kombes Endra Zulpan dan Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di depan Gedung Promoter Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/1). Foto: NTMC Polri

MerahPutih.com - Bulan Ramadan 1444/H tinggal hitungan hari. Polda Metro Jaya menyiapkan program terkait dengan pengamanan menjelang datangnya bulan Ramadan tahun 2023 ini dengan pendekatan preemtif maupun preventif.

Program preemtif adalah mengedukasi, menginformasikan, menyosialisasikan, dan mengimbau kepada masyarakat.

Baca Juga:

Kapolri Peringatkan Seluruh Reserse Jangan Merusak Citra Polisi

"Dengan target adalah tercapainya partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di kantornya , Jumat (17/3).

Kemudian ada juga implementasi program satu Polisi di setiap RW.

"Mereka nantinya akan melakukan interaksi secara positif antara polisi dan masyarakat untuk mendengarkan, mencatat dan mencari solusi permasalahan di masyarakat," ungkap Trunoyudho yang juga Lulusan AKPOL 1995 ini.

Program Bhabinkambtibmas ini bersinergi dengan Babinsa, kepala lurah dan desa, yang merupakan tiga pilar ke depan untuk memetakan juga terkait dengan persoalan sebagai problem solver.

"Karena memang Polri ini multitasking, baik menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi dan mengayomi melayani masyarakat, dan bahkan melakukan proses penegakan hukum,” papar Trunoyudo.

Baca Juga:

Aspri Wamenkumham Polisikan Ketua IPW atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Program selanjutnya yakni preventif dengan arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mengedepankan Patroli Perintis Presisi untuk menciptakan situasi keamanan saat malam hari.

“Bapak Kapolda Metro Jaya mengedepankan Patroli Perintis Presisi, dan juga adanya layanan sebaran, layanan malam hari oleh Polda Metro Jaya. Jadi kita bisa lihat beberapa kerawanan adalah malam hari,” tutur Trunoyudo.

Nantinya pada saat Ramadan juga ada Berkah Ramadhan dan Subuh Keliling.

"Ini dikedepankan Direktorat Binmas PMJ ini melakukan program preemtif dan preventif terkait Ramadhan,” tutup mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini. (Knu)

Baca Juga:

Selebgram Ajudan Pribadi Ditangkap Polisi, Diduga Lakukan Penipuan Rp 1,3 Miliar

#Polda Metro Jaya #Ramadan #Polisi
Bagikan
Bagikan