Polda Metro akan Periksa Aiman Witjaksono soal Tudingan Oknum Polisi Tidak Netral

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 29 November 2023
Polda Metro akan Periksa Aiman Witjaksono soal Tudingan Oknum Polisi Tidak Netral
Aiman Witjaksono. Foto: Tangkapan layar dari Instagram Aiman Witjaksono

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya akan memanggil Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono untuk mengklarifikasi pernyataannya soal oknum Polri tak netral dalam Pemilu 2024 pada Jumat (1/12).

“Polda Metro Jaya telah menjadwalkan permintaan klarifikasi terhadap saudara AW untuk dimintai klarifikasi pada hari Jumat 1 Desember 2023 di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sekira pukul 14:00 WIB,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Rabu (29/11).

Baca Juga

Polda Metro Masih Cari Unsur Pidana Kasus Pernyataan Aiman Witjaksono

Sebelum memanggil Aiman, lanjut Kombes Wisnu Andiko, pihaknya sudah memeriksa puluhan orang sebagai saksi terkait laporan tersebut.

"Total saksi yang telah dilakukan klarifikasi berjumlah 26 orang,” ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menuturkan, dalam tahap penyelidikan telah diklarifikasi 6 pelapor. Lalu sebanyak 7 saksi diklarifikasi pada 13 November 2023, dan juga 3 orang saksi yang memberikan dukungan kepada AW diklarifikasi pada 16 November 2023.

“Juga telah melakukan klarifikasi saksi-saksi lainnya pada peristiwa tersebut,” ucapnya.

Baca Juga

Polisi akan Panggil Aiman Witjaksono Terkait Aparat Tak Netral di Pemilu 2024

Selain melakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi, Trunoyudo menambahkan penyelidik juga meminta keterangan terhadap 11 ahli untuk dimintai keterangan.

“Ahli sosiologi hukum 2 orang, ahli hukum pidana 2 orang, ahli bahasa 2 orang, ahli ITE 3 orang, ahli hukum tata negara 1 orang, ahli pers 1 orang," pungkasnya.

Sebelumnya Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi melaporkan Juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Aiman Witjaksono ke Polda Metro Jaya karena pernyataannya yang menyebut Kepolisian tidak netral pada Pemilu 2024.

"Terkait pernyataannya yang menyebut ada teman dari Kepolisian yang merasa keberatan mendapat perintah dari komandannya untuk memenangkan salah satu calon presiden dan calon wakil presiden yaitu Prabowo Gibran," kata juru bicara Aliansi Elemen Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Fikri Fakhruddin saat ditemui di Polda Metro Jaya, Senin (13/11).

Fikri juga menganggap pernyataan Aiman Witjaksono yang juga dikenal sebagai presenter dan wartawan ini tidak berbasis data yang konkret dan valid, sehingga pihaknya melapor ke Polda Metro Jaya.

"Karena kita menganggap saudara Aiman menyebarkan kebencian dan dugaan hoaks," ucapnya.

Fikri juga menilai pernyataan Aiman menimbulkan efek negatif bagi pihak Kepolisian. Selain itu, dia mengklaim masyarakat juga turut dirugikan. (Knu)

Baca Juga

TPN: Pernyataan Aiman Witjaksono dalam Koridor Kebebasan Berpendapat

#Aiman Witjaksono #Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan