Polda Jatim Ungkap Penyebab Utama Amblasnya Jalan Gubeng

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 20 Desember 2018
Polda Jatim Ungkap Penyebab Utama Amblasnya Jalan Gubeng
Jalan Raya Gubeng yang terkena ambles. (Foto: merahputih.com/Budi Lentera)

Merahputih.com - Polda Jawa Timur menduga amblasnya Jalan Raya Gubeng diduga kuat karena kesalahan teknis perluasan Rumah Sakit Siloam Surabaya.

Hasil itu dinyatakan berdasarkan hasil gelar perkara dan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Tim menilai kesalahan teknis akibat pembangunan Rumah Sakit Siloam. Yang mana, membangun tiga lantai ke bawah (basement). Kami juga mendapat laporan, rencananya akan membangun mal dari 11 dan tambahan 26 lantai," kata Kapolda Jatim, Irjen Luki Hernawan di Surabaya, Kamis (20/12).

Dengan hasil tersebut, penyidik akan segera melakukan pendalaman terkait perizinannya. Selain pemeriksaan terhadap kontraktornya, polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap korporasinya.

"Dan mungkin nanti ada Undang-Undang, masalah bangunan, masalah konstruksi, mungkin nanti akan kita perdalam lagi," ujarnya.

Jalan Raya Gubeng yang terkena ambles. (Foto: merahputih.com/Budi Lentera)

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, Polda Jatim menunjuk Wakapolda Jatim, Brigjen Toni Harmanto sebagai ketua tim. Selain itu, Kapolda juga memerintahkan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan bersama Pemerintah Kota Surabaya untuk segera melakukan perbaikan.

"Ini kami akan segera melakukan yang penting masalah 'recovery', karena apa? Kita akan menyelamatkan, ada dua gedung, yaitu BNI dan salah satu toko," ucapnya.

Menurut Luki, yang paling penting adalah segera memperbaiki jalan Raya Gubeng agar masyarakat dapat memfungsikannya kembali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jalan Raya Gubeng, Surabaya, tepatnya di sekitar gedung RS Siloam ambles sedalam kurang lebih 10 meter pada Selasa (19/12) malam. Amblesnya jalan tersebut, dikutip Antara, menyisakan lubang yang menganga dengan panjang kurang lebih 30 meter, dan lebar kurang lebih 15 meter. (*)

#Jalan Ambles #Surabaya
Bagikan
Bagikan