Polda Jateng Bagikan Sembako Buat Ojol dan Pengayuh Becak Terdampak COVID-19 Polda Jawa Tengah memberikan bantuan pada ojol di Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Polda Jawa Tengah menggelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako pada warga kurang mampu terdampak pandemi Corona atau Covid-19 di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/4). Kegiatan tersebut meyasar pengayuh becak di Stasiun Solo Balapan dan driver ojek online (Ojol) di Sriwedari, Laweyan, Solo.

Kasubdit Intel Polda Jateng, AKBP Iskandar Sitorus mengatakan, bakti sosial tersebut digelar jajarannya untuk membantu meringankan kondisi driver ojol dan pengayuh becak. Mengingat dampak Covid-19 sangat memukul penghasilan mereka sehari-hari.

Baca Juga:

Dua Peserta Ijtima Ulama Gowa Positif COVID-19, Karanganyar Tetapkan KLB

"Baik ojol dan pengayuh becak mengandalkan penghasilan harian. Di tetapkannya Solo KLB Covid-19 selama sebulan membuat mereka terpukul. Penghasilan merosot tajam. Sementara pengeluaran bagi keluarga tetap," ujar Iskandar.

Pemberian paket sembako kepada driver ojol dan tukang becak oleh Polda Jateng
Polda Jateng membagikan paket sembako kepada driver ojol dan tukang becak di Solo (MP/Ismail)

AKBP Iskandar mengungkapkan ditetapkannya siswa belajar di rumah dan karyawan bekerja di rumah membuat mereka sengsara. Apalagi, wabah Covid-19 ini belum ada kepastian bagi mereka kapan akan berakhir.

"Kami ingin membantu agar para ojol ini tetap bisa bertahan di tengah himpitan kondisi ekonomi saat ini," kata dia.

Adapun bantuan yang diberikan sebanyak 100 paket yang dibagikan untuk pengemudi ojol Gojek dan Grab. Masing-masing paket berisi beras, minyak goreng, mi instan serta uang tunai.

Iskandar mengatakan, dana yang digunakan untuk bantuan sembako tersebut merupakan hasil sumbangan para anggota kepolisian di Polda Jawa Tengah yang sepakat untuk menggelar aksi serentak guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

"Kegiatan ini akan terus digelar. Sebelum ini kami juga memberikan sembako untuk rekan-rekan sopir angkot dan setelah ini akan ke Kabupaten Boyolali untuk kegiatan aksi serupa," kata dia.

Baca Juga:

Anies Apresiasi PMI Sigap Lakukan Sterilisasi Jakarta dengan Disinfektan

Seorang driver Gojek, Tommy mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan Polda Jawa Tengah kepadanya dan rekan-rekan seprofesinya. Mengingat kondisi saat ini membuat mereka cukup kesulitan dari sisi ekonomi.

"Solo KLB Covid-19 pendapatan saya turun sampai 70 persen. Jika biasanya bisa sampai 14 orderan setiap hari, saat ini dapat lima orderan saja sudah bagus," keluh Tommy.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Terdampak Corona, Pemda DIY Bantu Pedagang Pasar Tradisional Jualan Online



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH