Polda Jabar Siap Amankan Natal-Tahun Baru

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 10 Desember 2017
Polda Jabar Siap Amankan Natal-Tahun Baru
Apel polisi amankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Foto: Antara

MerahPutih.com - Kapolda Jaba Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, personelnya yang tergabung dalam Operasi Lilin Lodaya 2017 telah siap untuk pengamanan liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Nanti hari Selasa (12/12) tinggal rapat teknis, kemudian hari Rabunya (13/12) kita rapat terpadu antara Polda Jabar dan Polda Jawa Tengah (Jateng)," kata Kapolda Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat berkunjung ke Pos 2B Polres Bogor, di Gadog, Kabupaten Bogor, Provnsi Jawa Barat, Sabtu (9/12).

Irjen Pol Agung menyebutkan pula bahwa beberapa langkah telah rampung dilaksanakan, seperti pemantauan perbaikan jalan untuk kelancaran lalu lintas, dan rencana penempatan personel di gereja dan sejumlah objek wisata.

Koordinasi pengamanan titik kemacetan itu di antaranya di wilayah perbatasan Cirebon, Nagreg Bandung, dan Puncak Bogor-Cianjur.

Kemudian tol Cipali yang beberapa kilometer masih dalam perbaikan, diharapkan pada saat operasi telah selesai untuk menghindari kemacetan yang terlalu padat.

Kepolisian, kata Kapolda lebih lajjut, juga telah mengadakan sosialisasi terhadap petugas Jasa Marga di setiap Gerbang Tol (GT), dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) wilayahnya untuk memantau perbaikan jalan secara maksimal.

Sedangkan untuk pengamanan objek wisata, kata Agung Budi pula, karena konsentrasi kepadatan diperkirakan akan terjadi di wilayah Bogor dan Bandung, yang jumlah pengunjungnya setiap liburan cukup banyak.

Karena itu, maka pihak kepolisian resor wilayah setempat telah siap dalam rencana pemetaan titik pengamanan dengan detail.

Ia juga menekankan bahwa untuk menciptakan kenyamanan, maka antara pihak kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan organisasi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan harus siap berkoordinasi dan bersinergi dengan baik.

Karena itu pula, pada rapat teknis Selasa (12/12) pihaknya mengharapkan terjalin koordinasi yang baik agar saat dimulai pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2017 pada Jumat (22/12) keadaan lalu lintas, objek wisata, dan tempat ibadah terkendali dengan baik.

"Masyarakat silakan berlibur, Insya Allah aman," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, seperti dikutip Antara

#Polda Jabar #Kapolda Jawa Barat #Natal #Tahun Baru 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan