Kesehatan

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 25 Maret 2021
Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Pola hidup sehat kunci ginjal yang sehat. (Foto: Fabry Disease)

MENERAPKAN pola hidup sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit, salah satunya gagal ginjal. Faktor risiko yang sangat mempengaruhi penyakit ginjal adalah obesitas, hipertensi, dan diabetes. Namun, faktor risiko tersebut bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat seperti apa yang dimaksud? Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Dr. Aida Lyda, menjelaskan delapan langkah pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya gagal ginjal.

Baca juga:

Usia Pengaruhi Kekuatan Perut Terima Makanan Pedas

1. Menjaga Aktivitas Fisik

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Dengan mejaga aktivitas fisik, maka risiko terkena penyakit ginjal menurun (Foto: unsplash/jonathan borba)

Bersepeda, berlari, berenang, hingga latihan kardio merupakan beberapa aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bukan saja terbatas pada olahraga, tapi juga aktivitas lain seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau jalan santai di pagi hari, juga sudah bisa mendatangkan keuntungan bagi kesehatan.

2. Kontrol Gula Darah

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Melakukan kontrol gula darah secara teratur merupakan upaya pencegahan terjadinya kompilasi. (Foto: Pixabay/Martin Bu?denbender)

Melakukan kontrol gula darah secara teratur merupakan upaya pencegahan terjadinya kompilasi yang dilakukan oleh pasien Diabetes Militus (DM). Standar pemeriksaan kadar gula darah idealnya minimal 3 bulan sekali setelah pengecekan pertama.

3. Kontrol Tekanan Darah

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Kontrol Tekanan Darah. (Foto: alodokter)

Dengan rutin melakukan kontrol tekanan darah, maka bisa diketahui apakah menderita hipertensi atau tidak.
Hipertensi merupakan suatu keadaan ketika tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis. Sehingga bisa menjadi faktor risiko terkena penyakit ginjal apabila tidak diketahui sejak dini.

4. Makan Makanan yang Sehat dengan Gizi Seimbang

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Makan Makanan yang Sehat dengan Gizi Seimbang. (Foto: unsplash/rodrigo chez)

Dianjurkan makan makanan yang sehat dengan menghindari konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan. Mengonsumsi gula terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes, konsumsi garam secara berlebih dapat memicu hipertensi.

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak, termasuk ke dalam jenis makanan untuk kesehatan ginjal. Selain itu, sayuran hijau baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan ini kaya antioksidan dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral manusia.

Baca juga:

Bikin Sayur Jadi Menu Menarik buat si Kecil

5. Jaga Asupan Cairan

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal. (Foto: unsplash/michael bass)

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal loh. Cara menyehatkan ginjal yang satu ini cukup alami dan bisa digunakan untuk mencegah berbagai penyakit.

Mengapa demikian? dengan memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih ternyata membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun. Pasalnya, ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh.

6. Tidak Merokok

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah. (Foto: Pixabay/pexels)

Bagi perokok aktif, mungkin sudah saatnya untuk berhenti karena kandungan yang ada di dalam rokok memang terbukti dapat merusak organ dalam tubuh, termasuk fungsi ginjal. Zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah.

Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya berhentilah merokok agar terhindar dari penyakit ginjal.

7. Hindari Mengonsumsi Obat Nyeri Berlebihan

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Hindari Mengkonsumsi Obat Nyeri Berlebihan (Foto: Pexels/Pixabay)

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak rupanya berdampak bagi kesehatan ginjal. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh.

Minumlah obat-obatan seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda. Pasalnya, penyakit ginjal bisa muncul akibat terlalu lama dan terlalu banyak minum obat-obatan diluar anjuran dokter.

8. Kenali Faktor Risiko dengan Melakukan Pengecekan Fungsi Ginjal

Pola Hidup Sehat Ampuh Cegah Gagal Ginjal
Penyakit Ginjal Dapat Dicegah dengan Pola Hidup Sehat. (Foto: unsplash/Robina Weermeijer)

Faktor risiko yang sangat mempengaruhi penyakit ginjal adalah obesitas, hipertensi, dan diabetes.Diabetes dan hipertensi merupakan penyumbang terbesar terjadinya gagal ginjal.

Fungsi ginjal dapat menurun bila kadar gula darah dan tekanan darah tinggi sering tidak terkontrol. Namun, faktor risiko tersebut bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga:

Deretan Manfaat Mandi Oatmeal yang Jarang Diketahui

Gagal ginjal merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia yang kini berada di posisi nomor 17.
Pada tahun 1990 gagal ginjal ada di posisi ke 25, kemudian naik menjadi 21 pada tahun 2005.

Maka sangat penting bagi kita untuk melakukan pencegahan sejak dini yaitu dengan melakukan pola hidup sehat, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. (ans)

#Kesehatan #Tips Kesehatan #Info Kesehatan #Ginjal #Penyakit #Gagal Ginjal
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan