Pokdarwis  Bangkitkan Wisata Alam di Yogyakarta Tempat Wisata Yogyakarta

MerahPutih Wisata - Provinsi DI Yogyakarta terus berupaya membangkitkan objek-objek wisata alam. Bukan hanya objek buatan, melainkan juga objek wisata alam yang selama ini terbengkalai atau hanya menjadi hutan.

Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Aris Riyanta menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Menurutnya, Pokdarwis dapat menjadi pilar pembentukan objek wisata baru di tiap-tiap daerah yang memiliki potensi.

"Sudah banyak kita bentuk Pokdarwis. Bisa dikatakan, umumnya masyarakat Yogyakarta sudah sadar terhadap pengembangan wisata atau membuat objek wisata," katanya kepada merahputih.com di Kantor Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Rabu  (3/2).

Yono Maryono, anggota Pokdarwis Wisata Air Terjun Kembang Soka, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, mengatakan pembentukan kelompok yang ia geluti itu baru terbentuk satu tahun. Sebelum berdirinya Pokdarwis, air terjun Kembang Soka hanya alam biasa yang tidak terurus.

"Dibentuk tahun lalu, 5 Januari 2015. Baru setahun, tapi alhamdulillah air terjunnya sekarang banyak yang ngunjungi," kata pria yang akrab dipanggil Yono ini saat ditemui merahputih.com di sekretariat Pokdarwis Kembang Soka, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Rabu (3/2).

Yono menjelaskan, setelah terbentuknya Pokdarwis, tugas anggotanya ialah gotong royong membangun infrastruktur, seperti jalan menuju lokasi air terjun, membuat anak tangga tetap kokoh, menjaga kebersihan, hingga menjaga parkir wisatawan. "Alhamdulillah duit retribusi sama parkir bisa jadi pemasukan buat anak-anak muda di sini," katanya. (fre)

BACA JUGA:

  1. Warisan Budaya Jadi Daya Tarik Turis Asing
  2. Yogyakarta Jadi Tempat Favorit Turis Belanda dan Jepang
  3. Cara Sektor Wisata Yogyakarta Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean
  4. Keberadaan Hotel Belum Dongkrak Pariwisata Yogyakarta


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH