Poin Penilaian Juri Nicolas Rozental pada Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 21 Januari 2022
Poin Penilaian Juri Nicolas Rozental pada Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 
Juri ungkap poin penilaian dalam Indonesia Coffee Roasting Championship 2022.(MP/Dicke Prasetya)

INDONESIA Coffee Roasting Championship (ICRC) 2022 menjadi kompetisi resmi roasting pertama di Indonesia yang merujuk pada aturan dan regulasi dari World Coffee Roasting Championship. Kompetisi yang dipersembahkan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) ini melibatkan delapan juri yang melakukan seleksi terhadap ke-12 roaster yang mengikuti kompetisi nasional ini.

Salah satu juri ICRC 2022 Nicolas Rozental membeberkan pengalamannya ketika menilai biji kopi roasted dari para roaster. "Ya, ini merupakan kompetisi sanctioned pertama yang sangat bagus dengan hasil yang bagus juga. Tim juri bagus dan orientasi yang sangat baik," ungkap founder dari Paddle Brew Coffee Lab dan Bali Coffee Lab ini.

BACA JUGA:

Roaster di ICRC 2022 Temukan 'Rasa' Baru dari Biji Kopi Persembahan IIT Coffee

Ia membocorkan beberapa poin yang menjadi penilaiannya dalam menentukan pemenang ICRC 2022 ini. "Hal-hal yang harus dipertimbangkan ialah rasa, fragrance, aroma, after taste, bodies, sweetness, cup profile, dan segala jenis roast defect juga menjadi bagian dari penilaian," ungkapnya.

Nicolas Rozental
Nicolas Rozental (kiri) ungkap penilaian. (foto: MP/Shenna)

Ia mengaku sangat kagum terhadap bagaimana orang Indonesia mampu berjuang dan bersaing dengan pesat dalam tingkat keterampilan, dedikasi, dan kualitas di industri kopi. "Indonesia benar-benar berkembang dan terdorong sangat cepat ketimbang negara lain. Tingkat keterampilan benar-benar meningkat, dedikasi orang Indonesia juga sangat bersaing untuk memperoleh kualitas tinggi. Ini sangat indah karena Indonesia merupakan negara produsen kopi," ungkapnya ketika ditemui Merahputih.com di acara Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 yang diadakan di Nutraco - Indonesia Coffee School, Baywalk Mall, Jakarta Utara.

ICRC 2022
Tiap juri punya poin penilaian. (foto: MP/Dicke Prasetya)

ICRC 2022 telah dimulai pada 15 Januari dengan tahapan lab practice untuk memperkenalkan alat-alat kepada para peserta. Setelah itu, para roaster akan berkompetisi untuk tahapan green beans grading. Pada tahap itu, peserta menyortir biji kopi mentah. Tahapan selanjutnya ialah sample roasting dari empat biji kopi yang dipakai, yakni Baratas, Jawa Tengah untuk kategori roasting single origin dan kopi origin Argopuro Natural asal Jawa Timur, Sindoro Honey Jawa Tengah, dan Sumatra Wet-Halled untuk kategori blend.(SHN)

Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan