PNRI Solo Sosialisasikan Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Proses perekaman ulang di Studio rekam Lokananta Solo. (MP/Win)

MerahPutih.com- Guna kembali memopulerkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang terdiri dari tiga stanza, PNRI cabang Solo Lokananta mengadakan kegiatan pameran arsip lagu Indonesia Raya, di kawasan Lokananta, 12 sampai 19 Oktober mendatang.

Selama ini, tak banyak orang yang tahu, jika lagu ciptaan WR Supratman ini terdiri dari tiga stanza, mengingat sejak pertama kali di putar sampai saat ini, hanya bait pertama dengan dua kali pengulangan.

“Kita ingin mengenalkan kepada masyarakat, jika sebenarnya lagu Indonesia Raya itu ada tiga stanza, masyarakat harus tahu hal itu,” jelas Kepala Perum PNRI cabang Solo Lokananta Miftah C Zubir.

Kegiatan ini, juga bagian dari sosialisasi, mengingat pada 28 Oktober mendatang, lagu Indonesia Raya tiga stanza bakal di lauching langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta.

“Sosialisasi ini tak hanya berlangsung di Solo, pada 20 Oktober mendatang, di Museum Fatahillah Jakarta juga akan dilakukan diskusi bersama, Direjen Kemendikbud Himar Farid,” katanya.

Perlu diketahui, lagu Indonesia Raya tiga stanza dilakukan perekaman ulang di Studio Lokananta pada bulan Mei lalu, dengan melibatkan komposer-komposer muda tanah air. Bahkan, dalam proses rekaman tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendi ikut menyaksikan. (*)

Artikel ini berdasarkan liputan Win, kontributor merahputih.com yang bertugas di wilayah Solo dan sekitarnya. Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Koleksi Topeng Mangkunegaran Meriahkan Ajang MPA 2017 di Solo



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH