PMI Tangsel Luncurkan Sentra Vaksinasi untuk Pemerataan Vaksin

Jurnalis MagangJurnalis Magang - Selasa, 12 Oktober 2021
PMI Tangsel Luncurkan Sentra Vaksinasi untuk Pemerataan Vaksin
Kegiatan PMI Tangsel meluncurkan Sentra Vaksinasi. (Foto : Side.id)

PMI Tangsel baru saja meluncurkan sentra vaksinasi di Gedung PMI Kota Tangsel, Serpong, pada Jumat (8/10/2021) lalu. Sentra vaksinasi tersebut diinisiasi oleh PMI Tangsel untuk memastikan pemerataan vaksinasi terhadap masyarakat di Kota Tangsel.

Mengutip Side.id Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menghadiri peluncuran Sentra Vaksinasi PMI Kota Tangerang Selatan. Lalu, ia menyampaikan apresiasinya terhadap inisiasi yang dilakukan oleh PMI Tangsel. Dengan adanya sentra ini, masyarakat akan tahu di mana mereka bisa mendapatkan vaksin.

Baca Juga :

PMI Solo Dapat Penghargaan dari Kemenko PMK

"Saat ini, kami terus melakukan upaya penanganan COVID, salah satunya adalah dengan vaksinasi," Ujar Benyamin.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat hadir dalam peluncuran sentra vaksinasi PMI Tangsel. (Foto: Humas Pemkot Tangsel)

Lalu, target vaksinasi yang ingin dicapai adalah sekitar 1.070.000 warga yang akan mendapatkannya. Saat ini, sudah ada 72,3 persen masyarakat yang mendapatkan vaksin untuk dosis pertama.

Sementara untuk dosis kedua, Benyamin menyampaikan jika vaksinasi sudah mencapai 43 persen. Untuk vaksinasi lansia, persentasenya sudah mencapai 49 persen.

Sayangnya, pihak Pemkot Tangsel masih harus berupaya untuk membuat kebijakan yang memudahkan vaksinasi, kemudian diberikan kepada siswa sekolah. Khususnya, bagi siswa SMA dan SMK atau sederajat.

"Untuk grafik sisanya berangsur membaik. Kasus harian mencapai lima orang, meskipun sebelumnya mencapai tiga orang saja. Namun, ini sebuah kemajuan dibandingkan sebelumnya," kata Benyamin.

Keterisian ruang isolasi mengalami penurunan. (Foto: Humas Pemkot Tangsel)

Begitu juga dengan keterisian ruang isolasi yang sebelumnya mencapai 97 persen, kini persentasenya hanya tiga persen yang terisi.

"Hal ini harus dipertahankan dan jika bisa ditingkatkan agar Tangsel terbebas dari COVID-19," ujarnya.

Baca Juga :

PMI Solo Dapat Penghargaan dari Kemenko PMK

Sementara itu, Ketua PMI Tangsel Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh stakeholder yang sudah membantu PMI untuk mewujudkan Sentra Vaksinasi ini. Dengan begitu, proses pelayanan vaksinasi bisa terpusat.

"Selain menyiapkan sentra ini, kami juga terus melakukan penyisiran terhadap masyarakat yang belum vaksin dengan mengandalkan anggota PMI di setiap wilayah," jelas Airin.

Ketua PMI Tangsel Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh stakeholder. (Foto: Humas Kota Tangsel)

Lalu, ketua koordinator Sentra Vaksinasi PMI Tangsel Suhara Manullang juga menjelaskan, bahwa vaksinasi merupakan upaya penekanan penularan COVID-19. Tak hanya pemerintah saja yang melakukannya, tetapi juga masyarakat.

"Semoga dengan keberadaan sentra vaksin ini bisa membantu pemerintah dalam proses penekanan angka penularan COVID-19," tutup Suhara. (nmi)

Baca Juga :

Persediaan Plasma Konvalesen Menipis, Senator Gelar Donor di PMI Jakpus

#Palang Merah Indonesia #Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Jurnalis Magang

Bagikan