PMI Solo Sediakan Plasma Konvalesen, 9 Orang Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 20 Oktober 2020
PMI Solo Sediakan Plasma Konvalesen, 9 Orang Dinyatakan Sembuh dari COVID-19
Kepala unit donor darah PMI Solo, Jawa Tengah, Kunti Dewi Saraswati menunjukkan ruang khusus donor plasma konvalesen, Selasa (20/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Jawa Tengah menyediakan plasma konvalesen bagi pasien COVID-19. Data PMI Solo sudah ada sembilan orang yang memanfaatkan plasma konvalesen dan dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Untuk memanfaatkan pelayanan plasma konvalesen, kami bekerja sama dengan RSUD dr Moewardi Solo, RS UNS Surakarta, dan Balitbangkes (Badan Peneliti dan Pengembamgan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan," ujar Kepala unit donor darah PMI Solo, Kunti Dewi Saraswati pada Merahputih.com, Selasa (20/10).

Dikatakannya, pelayanan donor darah PMI berbeda dengan plasma konvalesen. Perbedaanya, jika donor darah biasa diambil satu kantong darah lengkap sebanyak 350/450 ml. Sedangkan plasma konvalesen yang diambil dari daerah orang yang pernah sembuh dari COVID-19 sebanyak 500 ml.

Baca Juga:

Dihantam Pandemi COVID-19, PMI Jakpus Bingung Targetkan Penerimaan Dana

"Dari 500 ml plasma konvalesen ini sebanyak 400 ml kami berikan pada pasien COVID-19 dan 200 ml untuk arsip PMI," kata dia.

Ia menegaskan pihaknya tidak akan melakukan stok atau menyimpan plasma konvalesen dalam jumlah banyak seperti donor darah pada umumnya yang bisa di stok dalam jumlah banyak. Sistem plasma konvalesen ini sifatnya hanya saat dibutuhkan baru bisa disediakan barangnya.

"Plasma konvalesen jika sudah tersedia, kami langsung berikan pada pasien terkonfirnasi positif COVID-19. Jadi tidak ada istilah stok," kata dia.

 CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, Selasa (20/10). (MP/Ismail)
CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, Selasa (20/10). (MP/Ismail)

Selama dibuka pelayanan tersebut, kata dia, sudah ada sembilan pasien positif COVID-19 Solo sembuh setelah diberikan donor plasma konvalesen PMI Solo. Kesembilan pasien tersebut perinciannya tujuh pasien Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) dr Moewardi Solo dan RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan dua kali dengan RSUP dr Suraji Tirtonegoro Klaten. PMI Solo juga sedang dalam diakusi dengan Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk penyediaan plasma konvalesen.

"Kami siap selama 24 jam jika ada permintaan dari RS atau Balitbangkes untuk menyediakan plasma konvalesen," kata dia.

Baca Juga:

PMI Cirebon Mulai Produksi Plasma Merah buat Pasien COVID-19

CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, menambahkan donor plasma konvalesen adalah pengambilan daarah dari pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh. Plasma konvalesen ini diyakini sebagai antibodi yang dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19 yang sakit.

"Kami mengajak bagi warga yang pernah menjadi pasien COVID-19 dan telah dinyatakan sembuh bisa melalukan donor darah plasma konvalesen di PMI Solo," pungkasnya. (Ismail/Jawa Temgah)

Baca Juga:

Hipmi Yakin UU Cipta Kerja Solusi Atasi Bonus Demografi

#Palang Merah Indonesia #Virus Corona #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan