PM Jepang Percepat Perombakan Kabinet

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 06 Agustus 2022
PM Jepang Percepat Perombakan Kabinet
Arsip - Menteri kabinet baru yang ditunjuk oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam perjalanan untuk sesi foto. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/HP/sa.

MerahPutih.com - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan mengganti Menteri Pertahanan Nobuo Kishi dengan pertimbangan kondisi kesehatannya. Demikian Harian Yomiuri melaporkan pada Sabtu (6/8).

Kishida mempercepat perombakan, yang semula dijadwalkan pada awal September, setelah upacara utama peringatan untuk mantan perdana menteri Shinzo Abe yang ditembak bulan lalu.

Percepatan jadwal perombakan kabinet itu bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan setelah kebangkitan COVID-19 domestik dan situasi Taiwan yang semakin genting.

Baca Juga:

Tiongkok Batalkan Kerja Sama Amerika Serikat

Perombakan itu berlangsung setelah pemerintah koalisi konservatif Kishida meningkatkan mayoritas kursinya di majelis tinggi parlemen dalam pemilihan Juli yang diadakan dua hari setelah kematian Abe.

Kishi, 63, adik mendiang Abe, telah menjabat sebagai menteri pertahanan sejak September 2020.

Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi dan Kepala Sekretariat Kabinet Hirokazu Matsuno, serta Wakil Presiden Partai Demokrat Liberal yang berkuasa Taro Aso dan Sekretaris Jenderal Toshimitsu Motegi kemungkinan akan dipertahankan di posisi mereka. Demikian Yomiuri juga melaporkan seperti dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Penembakan Terjadi di Mall of America, Polisi Pastikan tidak Ada Korban

#PM Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan