PM Australia Dipastikan Hadiri KTT G20 di Bali

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 09 November 2022
PM Australia Dipastikan Hadiri KTT G20 di Bali
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM di Jakarta, Selasa. (Kemenko Perekonomian)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Selasa (8/11).

Dubes Penny menegaskan, dalam KTT G20 di Bali nanti, rencananya Perdana Menteri Australia Anthony Albanese didampingi Menteri Keuangan Australia Jim Chalmers akan hadir bersama delegasi pengusaha Australia.

Baca Juga:

Berbagai Bandara Disiapkan Buat Parkir Pesawat Kepresidenan KTT G20

Dikutip dari keterangan resmi Kemenko Perekonomian, Dubes memastikan, dalam pertemuan ini kedua belah pihak juga membahas berbagai kerja sama ekonomi bilateral yang sedang ataupun akan dilaksanakan oleh kedua negara.

Kemudian, kedua pihak membahas rencana pelaksanaan pertemuan ke-2 Economic, Trade, and Investment Ministerial Meeting (ETIMM), yang merupakan pertemuan tahunan para menteri ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara, untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi bilateral dan global.

Selanjutnya, kedua pihak membahas hasil konferensi Australian-Indonesian Business Council (AIBC) yang telah berlangsung pada tanggal 1- 4 November 2022 di Darwin, Australia.

Adapun, konferensi AIBC ini untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi antara kedua negara, yang saat itu dihadiri lebih dari 250 organisasi bisnis dan perwakilan pemerintah Australia dan Indonesia.

Kedua pihak membahas partisipasi kedua negara dalam Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) di sela-sela KTT G20 di Bali nanti, rencananya, Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan PGII bersama dengan Amerika Serikat dan Komisi Eropa.

Sebagai informasi, Indonesia dan Australia merupakan partisipan aktif dalam ekonomi kawasan, yakni Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), yang putaran perundingannya pertama direncanakan berlangsung di Australia pada pertengahan bulan Desember 2022.

Penny juga menyampaikan perkembangan terkini proses pemberian beasiswa G20 “Recover Together, Recover Stronger” dari pemerintah Australia kepada 10 pelajar Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan master maupun doktoral di Australia, khusus untuk program studi yang sesuai dengan area prioritas G20 Indonesia.

Adapun, saat ini seluruh penerima beasiswa tengah dalam tahap persiapan di Bali, dan akan memulai studi mereka di Australia pada tahun depan. (Knu)

Baca Juga:

MPR RI Minta Pemerintah Perkuat Pengamanan Siber KTT G20

#KTT G20 #G20
Bagikan
Bagikan